TMMD  

TMMD 105, Dinsos Bojonegoro Berdayakan Lansia Tondomulo

BOJONEGORO, – Bertempat di Balai Desa Tondomulo, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro, Jawa Timur, sebanyak 35 orang warga lansia mendapatkan pembinaan dan pemberdayaan dari Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro dalam rangka mendukung kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 105 tahun 2019.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Batituud Koramil Kedungadem, Peltu Lasuri, mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk mendukung dan mensukseskan program terpadu lintas sektoral TMMD ke- 105 yang berlangsung selama 30 hari.

“Secara garis besarnya, pembinaan dilakukan agar masyarakat yang masuk pada kategori lansia tetap dapat produktif di usia senja, dan juga memotivasi lansia agar tidak merasa termarjinalkan,” ujarnya.

Sementara itu Dra. Dwi Harningsih, dari Dinas Sosial Bojonegoro menjelaskan bahwa sebagaimana UUD No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia Pasal 8, menegaskan Pemerintah, masyarakat dan keluarga bertanggung jawab atas upaya terwujudnya peningkatan kesejahteraan sosial Lanjut Usia.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan juga seputar penyakit tidak menular dan faktor resikonya, terutama yang sering dialami para lansia.

Pada dasarnya penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung, stroke, diabetes, kanker dan penyakit paru-paru terjadi karena banyak faktor, diantaranya faktor usia dan keturunan.

Demikian juga karena faktor lainnya seperti globalisasi, sosio-ekonomi, polusi dan sebagainya. Terlebih faktor perilaku seperti kebiasaan merokok, konsumsi miras, stress, serta kurangnya aktifitas fisik atau olahraga menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit itu.

“Kegiatan ini adalah perhatian Kodim 0813 dan Pemkab Bojonegoro kepada warga lansia, sebagai wujud bakti dan terimakasih kepada orang tua. Sehingga warga lansia dapat hidup sehat, tenang, dan aman dalam menjalani sisa-sisa hidupnya ditengah keluarga dan masyarakat,” tutupnya.(arditya)

Editor : ajie srtv.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *