Tingkatkan Ketahanan Pangan Nasional, Kodam V/Brawijaya Panen Raya Jagung di Wilangan Nganjuk

Nganjuk, srtv.co.id – Kodam V/Brawijaya berkomitmen memperkuat ketahanan pangan di Jawa Timur. Salah satunya ditunjukkan dengan melakukan panen raya jagung bersama petani di area hutan Desa Sudimoroharjo, Kecamatan Wilangan, Kabupaten Nganjuk, pada Jumat (19/4/2024).

Untuk diketahui, lahan hutan setempat selain ditanami tegakan pohon jati, saat ini juga menjadi lahan tumpangsari produktif penghasil tanaman jagung. Adapun jagung yang dipanen kali ini ditanam di atas lahan seluas 90 hektare.

Panen raya jagung dihadiri oleh Kapok Sahli Pangdam V/Brawijaya Brigadir Jenderal TNI Ramli, didampingi Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna.

Hadir pula Kasrem 081/DSJ Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto, Dandim 0810/Nganjuk Letkol (Inf) Andi Sasmito, Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, Kajari Nganjuk Alamsyah, Dinas Pertanian Nganjuk, Perhutani KPH Nganjuk, Forkopimcam Wilangan, serta elemen gapoktan dan LMDH setempat.

Bacajuga  Saat PPKM Darurat Bupati Cianjur dan Dandim 0608/Cianjur Cek Serbuan Vaksinasi di Poskesdim

Kapok Sahli Pangdam V/Brawijaya Brigadir Jenderal TNI Ramli menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh Pj Bupati Nganjuk dan jajaran, serta para petani jagung yang telah menyukseskan panen raya ini.

Ramli mengatakan, pemerintah melalui TNI akan memberikan dukungan pupuk bersubsidi untuk petani reguler maupun LMDH. Di mana, akan digelontorkan tambahan sebesar 10 juta ton, yang awalnya hanya 5 juta ton secara nasional.

“Saya juga ingatkan konservasi lahan bagi LMDH. Jaga lahan hutan agar tetap lestari, aman dari longsor dan banjir,” ucap Ramli.

Jenderal bintang satu itu menambahkan, panen raya jagung 2024 ini secara umum hasilnya bagus. Yakni mulai masa tanam, pendampingan, hingga panen raya.

“Saya berharap bisa memperkuat stok jagung di Jawa Timur,” tukas Ramli.

Bacajuga  Tiga Pilar JATIM Sambut Jenazah KH. Salahuddin Wahid - srtv.co.id

Di tempat yang sama, Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Tarun juga berterima kasih kepada Kodam V/Brawijaya yang telah berkolaborasi dengan masyarakat Desa Sudimoroharjo, dalam memanfaatkan lahan hutan dengan bertanam jagung.

“Kami sambut gembira acara seperti ini, karena ini akan memperkuat ketahanan pangan secara nasional,” ujar Sri Handoko.

Ia mengapresiasi pola kerjasama dan sinergi antara Kodam V/Brawijaya, Korem 081/DSJ dan Kodim 0810/Nganjuk.

Lebih lanjut dijelaskan Sri Handoko, produk jagung di Kabupaten Nganjuk saat ini sekitar 199.812 ton per tahun dengan luas area sekitar 28.019 hektare. Sedangkan potensi konsumsi jagung untuk ternak sebesar 27.754 ton per tahun.

Kita memang surplus, akan tetapi kita harus melihat peluang dan potensi agar Nganjuk bisa mencukupi kebutuhan jagung baik provinsi maupun nasional. Apalagi dampak el nino tahun 2023 bisa kita rasakan bersama. Kelangkaan pangan terjadi di mana-mana. Jadi ini momentum untuk memperkuat ketahanan pangan nasional,” pungkas Sri Handoko.

Bacajuga  Koramil 0810/16 Sukomoro Ciptakan Rasa Aman Dan Nyaman Babinsa Amankan Ibadah

Reporter : Samsul Arifin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *