Hutan Dua Kecamatan di Lereng Wilis Kembali Terbakar Hebat – srtv.co.id

srtv.co.id Nganjuk | Kemarau panjang yang melanda kabupaten Ngajuk, Jawa Timur. Menyisakan berbagai masalah salah satunya kebakaran hutan. Akibat ulah orang tak bertanggung jawab lerengvwilis kembali terbakar. Hingga sekarang Api Tampak berkobar di hutan pinus dan kopi di blongko. Jum’at 15/11/19.

Bertempat di Petak 2 F RPH Sugihan dusun sugihan, Desa Duren Kecamatan sawahan terbakar hebat, LMDH di bantu para TNI anggota Koramil 081/05 Sawahan mencoba untuk memadamkan api dengan menggunakan alat seadanaya, kebakaran ini di duga kuat di bakar oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Menurut KPT.Inf. Dulkarim Danramil 0810 / 05 Sawahan kronologis kebakaran lerng wilis sebagai berikut “Pukul 13.30 WIB Sdr.Saeroji 30 th pekerjaan tani alamat Dsn. Sugihan desa duren, alamat Ds. Sawahan Kec. Sawahan Kab. Nganjuk akan membersihkan kebun, melihat ada kebakaran kemudian menghubunggi mandor Hendik dan atas kesepakatan warga masyarakat dan anggota LMDH Tani Makmur dengan segera diadakan pemadaman”. Jelasnya.

Bacajuga  Danrem Pimpin Rakor Persiapan HUT TNI Ke - 74 - srtv.co.id

Di tambahkan danramil sawahan “Kemudian dengan kejadian melihat terjadi kebakaran hutan tersebut mandor. Hendik menghubungi Serka Said, kemudian langsung bersama sama anggota Koramil 0810/05 Sawahan bersama anggota LMDH Tani Makmur mengadakan pemadaman api yang sedang menjalar dengan alat sabit dan ranting basah untuk gepyok serta membuat ilaran dan sekat bakar”. Jelasnya.

Sementara itu menurut pantauan srtv.co.id Kebakaran juga terjadi di hutan yang berada di Desa Blongko, kecamatan, ngetos hingga berita ini dibtulis nampak jelas api masih berkobar melalap 7 hektar hutan di dusun Salam Judeg, Desa Blongko.

Sementara itu Danramil Ngetos KPT.Inf Prayitno mengatakan “terjadi kebakaran Hutan di petak 52 seluas 7,2 Ha lokasi Banyu Towo Dan di bawah air terjun Pring jowo RPH Pace dusun salam judeg desa blongko kecamatan ngetos”. Jelasnya.

Bacajuga  Menang Pemilu 2019 Ketua DPC PDI Perjuangan Pimpin DPRD Nganjuk - srtv.co.id

Ditambahkan Danramil ngetos terkait kronologis kebakaran ini bermula “Suwito saat mencari pakan ternak melihat titik api kemudian didekati dan ternyata benar ada kebakaran, kemudian memberitahukan ke Siswanto Kasun salju untuk disampaikan ke kades bapak Gunawan kemudian menghubungi perangkat, Babinsa dan Babinkamtib Ds. Blongko beserta warga sekitar untuk melakukan upaya pemadaman dengan kapasitas kobaran api yang meluas sehingga aparat setempat mengubungi perhutani dan BPBD Kab. Nganjuk untuk pemadaman api”. Paparnya.

Ditambahkan Danramil kuatnya hembusan angin, dan banyaknya kayu kering dan semak kering akibat kemarau menudahkan api terus menjalar hebat “Perhutani dan BPBD Kab. Nganjuk, Perangkat beserta Babinsa dan Babinkamtib Ds. Blongko dan warga LMDH melakukan upaya pemadaman dengan cara membuat ikatan agar api tidak merembet ke mana mana dengan peralatan gebyok dari dedaunan dan ranting basah”. Ungkapnya.

Bacajuga  Revitalisasi Produksi Petani Jakaba Dalam Pemulihan Tanaman di Kelompok Tani Sukomoro

Masih menurut Danramil Ngetos kebakaran kali ini membakar Hutan Pinus, dan Perkebunan kopi yang masih produktif “Pukul 17’30 wib masyarakat dan Perhutani kembali dari lokasi kebakaran karena cuaca sudah gelap dan angin kencang serta lokasi yang terjal, membuat api sulit untuk di padamkan”. Tutupnya.

Reporter : Sofa

Editor : BJ Kusumo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *