SMP Islam Ala Nahdatul Ulama Siap Tingkatkan Kualitas Pendidikan – srtv.co.id

MENYONGSONG
PERKUMPULAN SMPI

srtv.co.id Nganjuk | SDI Network. Iya, sekitar dua tahun saya mendampingi. Wadah berkumpulnya SDI-SDI se-kabupaten Nganjuk yang berafiliasi ke Nahdlatul Ulama (NU).

SDI Network berawal dari 3-4 SDI yang tergabung. Sekarang alhamdulillah sudah mencapai 13-15 lembaga. Dari 13-15 lembaga yang tergabung terkategori menjadi 3 kelompok.

Katagori satu, adalah lembaga yang memiliki mutu atau kualitas tinggi, kuantitas juga tinggi. Saat pendaftaran sudah antri 1-2 tahun terlebih dahulu. Dari pendaftar saat test tidak sedikit yang tidak diterima. SMP Plus An – Nahdlah

Kategori dua, adalah secara kualitas maupun kuantitas sedang. Belum sampai menolak siswa saat PMB. Katagori tiga, adalah lembaga yang baru lahir, atau lembaga sudah lumayan lama, tapi belum mengalami perkembangan signifikan.

Bacajuga  Patroli Takbir Keliling Forpimda, Beri Keamanan wilayah - srtv.co.id

Dari ketiga jenis tersebut saat dipertemukan bisa saling belajar kelebihan dan kekurangan lembaga yang dikelolanya. Yang belum baik bisa mempercepat proses perkembangan nya dengan mengadopsi atau menjadikan inspirasi dari lembaga yang sudah baik.

Saat ini saya sedang membidik untuk melahirkan perkumpulan di tingkat SMPI. Di Nganjuk saya mengetahui sudah ada 6 SMPI yang berafiliasi ke Nahdlatul Ulama (NU). SMPI As-Syafiah Mojosari, SMPI Ulul Albab Kelutan, SMPI Sunan Kalijaga Pakuncen, SMPI Darush Sholihin Bagbogo, SMPI Al A’la Sukorejo, SMPI Al Fattah Pule Tanjunganom. Semua berbasis pesantren.

Yang masih proses persiapan dan mulai tahun ajaran baru yang akan datang adalah SMPI Miftahul Huda, Lanjutan SDI Miftahul Huda Keringan. Juga SMPI An-Nahdloh lanjutan SDI An-Nahdloh Gondang. Di SMPI An Nahdloh, yang hari Kamis kemarin di launching menghadirkan Gus Azmi dan Subbanul Muslimin, dalam pendiriannya saya diminta untuk terlibat didalamnya. Jika keduanya sudah berdiri, maka akan ada 8 SMPI yang bisa digabung.

Bacajuga  Tujuh Doktor IAI Pangaeran Diponegoro Siap Wujudkan SDM berkualitas - srtv.co.id

Perkumpulan antar lembaga dibangun dalam rangka untuk saling bersilaturahim. Saling memotivasi antar lembaga. Disamping itu juga bisa saling belajar dan tukar ide atau gagasan untuk saling menginspirasi. Dengan saling bertemu maka akan melahirkan ide atau gagasan atau inovasi baru terhadap lembaga yang dikelolanya. Bisa saling belajar untuk maju bersama antar sesama lembaga.

Dengan demikian, dengan adanya perkumpulan, akan bisa mempercepat proses untuk maju bersama. Untuk saling meningkatkan mutu dan lulusan yang baik. Kita berharap bisa menciptakan mutu dan lulusan yang super baik. Inilah menurut saya cara untuk bisa maju bersama dengan menjalankan serikat bersama.

Nganjuk, 05 Oktober 2019

Penulis : Ali Anwar Mhd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *