oleh

Ramadan Kharem Pelipat Pahala

-Kabar NU-32 views

Ramadan Kharem Pelipat Pahala

———————————–
Ali Anwar Mhd

srtv.co.id Nganjuk Ramadhan yang kita jalani, menjanjikan pahala berlipat ganda, antara 10-700 kebaikan. Jumlah pahala tersebut di dalam bulan Ramadhan selain waktu saat datangnya Lailatul qodar. 7/5/ 2019.

Saat waktu datangnya Lailatul qodar, pelipat gandaan pahala mencapai 1000 bulan. Satu amalan kebaikan seseorang dilipat gandakan sama dengan seseorang menjalani kebaikan selama 1000 bulan.

Mengapa momentum Lailatul qodar diburu oleh para muslimin yang sedang melaksanakan ibadah di bulan puasa? Karena memiliki kandungan pelipat gandaan pahala yang begitu besar.

Tentu pandangan untuk mencari pahala besar sebanding lurus dengan pemahaman untuk menjadi bekal dalam kehidupan diakhirat kelak yang akan hidup selama-lamanya di sana.

Untuk meraih pahala besar di bulan ramadhan, tidak hanya berbentuk ibadah wajib dan sunah. Bisa berbentuk aktifitas rutin keseharian kerja. Aktifitas menyelesaikan persoalan-persoalan kehidupan. Atau apapun yang bermuara kepada kebaikan yang kita niati sebagai ibadah.

Jika diklasifikasi bisa berbentuk ibadah amaliah mahdhah dan ngairu madhah (wajib dan Sunnah), ibadah sosial individu dan ibadah sosial kolektif. Atau bisa diklasifikasikan ke arah ibadah yang berhubungan secara vertikal maupun horizontal. Semua memiliki kandungan ibadah kebaikan yang bisa dilipat gandakan di bulan ramadhan.

Seorang petani disaat puasa tetap menggarap lahannya. Seorang pengusaha tetap menjalankan usahanya. Seorang politisi tetap menjalankan sidang paripurna. Seorang pedagang tetap berjualan.

Seorang polisi dan tentara tetap bertugas mengatur kelancaran kehidupan dan keamanan negara. Seorang pekerja seni saat puasa tetap melakukan kerja-kerja seni. Seorang guru tetap mengajar, seorang santri/siswa tetap belajar.

Yang demikian, jika mampu melaksanakan semua ragam aktifitas keseharian, dan dijalankan bersamaan dengan pelaksanaan puasa ramadhan, maka sekiranya mengandung nilai ibadah yang berlipat ganda.

Nganjuk, 07 Mei 2019

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed