Puasa Ramdhan Menumbuhkan Kepekaan Sosial – srtv.co.id

Puasa Ramdhan Menumbuhkan Kepekaan Sosial – srtv.co.id

Bacaan Lainnya

———————————–
Ali Anwar Mhd

srtv.co.id Nganjuk, Puasa ramadhan yang kita jalani mengajarkan banyak hal, antara lain tentang pengendalian diri dan kepedulian sosial seseorang yang sedang melaksanakan puasa ramadhan. 09 Mei 2019

Dengan puasa, diri kita dilatih untuk menahan semua keinginan yang kita inginkan. Termasuk keinginan untuk makan dan minum di siang hari dan hal-hal yang dilarang lainnya.

Pengendalian diri bertujuan agar menjadi sikap yang menyatu dalam diri seseorang yang sedang menjalani puasa, dan menjadikannya kebiasaan prilaku pasca puasa.

Pengendalian diri bukan perkara mudah, sehingga mengapa manusia yang sudah dewasa harus dididik melalui pelaksanaan bulan ramadhan. Karena pengendalian diri butuh kontrol dan kesadaran diri secara terus menerus. Harus dalam posisi sadar dan keimanan.

Jika sudah terdidik dan terlatih dengan pengendalian diri yang baik, maka posisi seseorang akan menjadi manusia yang berposisi terjaga dan menjaga. Menjadi manusia yang selalu hati-hati dan terkontrol terkait dengan aktivitas apapun.

Disamping pengendalian diri akan melahirkan sifat sosial dan peduli. Sifat peduli itu lahir dari apa yang rasakan selama melaksanakan puasa ramadhan. Merasakan lapar dan haus akan melahirkan sebagaimana rasa keseharian yang dirasakan oleh orang yang kekurangan.

Jika belum melahirkan rasa pengendalian diri dan rasa peduli tersebut, maka puasa seseorang belum sampai pada tataran tujuan puasa secara individu dan sosial.

Nganjuk, 09 Mei 2019

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.