oleh

Ber Islam Itu Tidak Berat – srtv.co.id

-Kabar NU-27 views

Ber Islam Itu Tidak Berat

————————
Ali Anwar Mhd

srtv.co.id Nganjuk, Ber-Islam itu tidak berat. Tapi ringan. Jika ada perintah yang harus dijalankan, seperti puasa ramadhan, boleh saja tidak menjalani karena keadaan tertentu.

Orang yang bepergian jauh, boleh tidak puasa, tapi harus mengganti di hari yang lain. Orang yang sudah tua dan sekiranya sudah tidak kuat berpuasa, maka boleh mengganti dengan fidyah.

Begitulah Ber-Islam kita. Mudah, tidak memberatkan. Sebagaimana puasa wajib yang diperintahkan, tapi boleh tidak menjalaninya dengan syarat-syarat tertentu.

Puasa ramadhan, salah satu ibadah wajib yang diperintahkan kepada orang-orang beriman. Siapa saja yang beriman harus mengerjakan perintah tersebut. Jika berhalangan boleh meninggalkan dengan cara menggantinya.

Ber-Islam itu mudah. Tidak sulit. Dan saya kira tidak ada yang sulit. Semua bisa dijalani dengan kekuatan masing-masing, dan banyak keringanan-keringatan. Enjoy dan nikmat jika dijalani.

Bagi para muslim-muslimah yang memang sudah merasakan Ber-Islam dengan kadar rasa kuat, tentu walaupun dalam keadaan apapun, lebih memilih tetap menjalankan perintah wajib, dari pada memanfaatkan keringanan.

Seperti memilih tetap berpuasa walaupun perjalanan jauh. Karena akan lebih menemukan kenikmatan berbuka untuk saat ini. Toh kondisi sekarang sudah berbeda dengan zaman dulu. Jarak jauh tapi kendaraan semakin cepat sampai tujuan.

Surabaya, 18 Mei 2019

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed