Pj Bupati dan Kemenag Nganjuk Lepas Keberangkatan 713 Calon Jemaah Haji Kota Angin

Nganjuk, srtv.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nganjuk bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk memberangkatkan 713 Calon Jemaah Haji (CJH) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 87 dan 88, di Pendopo KRT Sosro Koesoemo, Selasa (4/6/2023).

Ratusan CJH tersebut dilepas langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna, didampingi Kepala Kemenag Nganjuk Muhammad Afif Fauzi, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk.

Prosesi pemberangkatan diwarnai tangis haru serta lantunan kalimat Talbiyah “Labaikallah Humma Labaik”. Sekitar pukul 12.00 WIB, rombongan CJH Nganjuk yang diangkut puluhan armada bus tersebut dilepas Pj Bupati Handoko dengan mengangkat bendera pemeberangkatan.

Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nganjuk, Zainal Abidin Hanif Kamaloddin menyampaikan, calon jamaah haji asal Nganjuk terbagi dua kloter dari 713 orang yang akan diberangkatkan ke tanah suci. Masing-masing kloter 87 sebanyak 366 orang, dan kloter 88 sebanyak 347 orang.

Bacajuga  PWI Kediri Lawan Covid - 19 bagi Masker dan Hand Sanitizer - srtv.co.id

Menurut Zainal, calon jemaah haji termuda di berusia 18 tahun atas nama Mohammad Yahya Maulida Fahmi. Sementara untuk jamaah haji tertua berusia 94 tahun bernama Jumirah.

Di tempat yang sama, Kepala Kemenag Kabupaten Nganjuk, M. Afif Fauzi menambahkan, ratusan CJH ini diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya terlebih dahulu. Kemudian, dijadwalkan terbang dari Embarkasi Surabaya ke Tanah Suci sehari setelahnya.

“Calon jemaah haji itu akan dikarantina semalam. Baru besoknya, 24 jam setelah kedatangan (di Asrama Haji Sukolilo) akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Jadi langsung diberangkatkan ke Mekkah,” ujar Afif Fauzi.

Sesuai jadwal, lanjut Afif Fauzi, rombongan calon haji asal Kota Angin ini akan kembali ke Tanah Air pada Bulan Juli 2024 mendatang. 

Bacajuga  Letkol Heri Sumitro Serahkan Jabatan Kasrem Kepada Danrem 071/Wijayakusuma

Di tempat yang sama, Pj Bupati Sri Handoko Taruna berpesan agar seluruh CJH bisa menjaga kondisi kesehatan selama menjalankan ibadah. Pasalnya, ibadah haji tersebut banyak menguras tenaga.

“Paling utama jaga kesehatan, fokus ibadahnya, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik,” ujar Sri Handoko.

Sri Handoko berharap seluruh CJH asal Nganjuk nantinya kembali ke Tanah Air dengan menjadi haji yang mabrur.

Reporter : Fajar El Judi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *