Apa Saja Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa saat Ibadah Haji

Surabayasrtv.co.id – Petugas Macca Road memberi beberapa peringatan terkait barang-barang yang tidak boleh dibawa oleh jemaah haji saat berangkat ke Arab Saudi.

 

Mengutip pernyataan dari petugas Macca Road yang bertugas di gudang Asrama Haji Surabaya, Jumat (24/5/2024), sejumlah barang yang tidak boleh dibawa oleh jemaah mencakup barang-barang mudah terbakar, senjata api, senjata tajam, dan juga jimat.

 

Barang-barang tersebut meliputi, pisau, gunting, pemotong kuku, pisau cukur, obeng, palu, tongkat pemukul, pemanas air, patung berbentuk makhluk hidup, kembang tujuh rupa, dan buku primbon.

 

Selain itu, barang-barang yang mengandung gas, cairan korosif, cairan dalam botol seperti saus, kecap, sambal, makanan berbau menyengat dan gambar-gambar asusila juga dilarang untuk dibawa ibadah Haji.

Bacajuga  Danrem 081/DSJ Bantu Warga Kurang Mampu di Lokasi TMMD

 

Jemaah juga tidak perlu membawa alat masak seperti penanak nasi dan panci elektrik karena Asrama Haji telah menyediakan katering sebanyak tiga kali sehari untuk para jemaah, yakni makan pagi, makan siang dan makan malam.

 

Namun, apabila jemaah masih merasa lapar, jemaah haji bisa membeli makanan di sentra kaki lima sekitar kawasan Makkah dan Madinah yang menjajakan aneka menu Nusantara.

 

Petugas haji juga mengingatkan kepada para jemaah untuk tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

 

Apabila jemaah terlanjur membawa uang lebih dari 100 juta rupiah atau mata uang asing dengan nilai setara, maka diwajibkan untuk melapor kepada petugas dan mengisi formulir membawa uang tunai.

Bacajuga  Dandim 0810 Nganjuk Berangkatkan Satgas Penebalan Apter Kodim wilayah Kodam XVIII/KSR

 

Lebih lanjut, petugas haji kembali menegaskan apabila pihaknya menemukan barang-barang terlarang di dalam koper jemaah, maka barang tersebut akan disita, karena dinilai dapat mengalihkan perhatian jemaah dari tujuan utama haji yaitu beribadah.

Penulis: AjieEditor: Admin Srtv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *