Dusun Bendil Kekeringan, Taruna Merah Putih dan Caleg PDIP Bantu 25 Ribu Liter Air Bersih

NGANJUK, srtv.co.id – Ratusan warga Dusun Bendil, Desa/Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk sudah beberapa bulan ini merasakan dampak kekeringan. Mereka kesulitan mengakses air bersih.

Merespons persoalan itu, DPC Taruna Merah Putih (TMP) Nganjuk bersama Caleg DPRD Nganjuk Dapil V dari PDIP, Bagus Jatikusumo, turun langsung ke dusun setempat, untuk membantu dropping air bersih sebanyak 25 ribu liter, Jumat (15/9/2023).

“Kami hari ini melaksanakan bakti sosial, dengan mengirimkan tiga truk tangki air bersih, dengan kapasitas per tangki 8.500 liter (total sekitar 25 ribu liter), untuk membantu masyarakat Dusun Bendil yang terdampak kekeringan di musim kemarau ini,” ujar Ketua DPC TMP Nganjuk Nara Setya Wiratama S.Pd, M.Pd, di lokasi dropping air, Jumat (15/9/2023).

Bacajuga  Serbuan Vaksinasi Korem 081/DSJ Sasar Anak-Anak Panti Asuhan

Nara mengatakan, krisis air atau kekeringan di Dusun Bendil dipicu karena sulitnya warga setempat mengakses sumber air bersih. Sumur tanah tidak bisa dijangkau dengan pompa biasa, melainkan dengan pompa sibel yang harganya mahal.

“Warga terpaksa membeli air Rp 10 ribu per jam dan itu cukup memberatkan. Satu-satunya sumber air ada di Punden Dusun Bendil yang jaraknya sekitar 500 meter dari pemukiman. Airnya kotor tapi warga tak punya pilihan lain,” urai Nara Setya.

Kondisi itulah yang mendorong TMP Nganjuk turun tangan membantu pasokan air bersih untuk warga dusun setempat, selama musim kemarau ini.

“Insya Allah dropping air bersih ke dusun ini akan dilakukan rutin tidak hanya hari ini saja,” imbuh Nara.

Bacajuga  Kajati Jatim Resmikan 44 Rumah Restorative Justice di Kabupaten Nganjuk

Sementara itu, Bagus Jatikusumo SH, Caleg DPRD Nganjuk Dapil V dari PDIP, yang juga turun ke lokasi mengatakan, bakti sosial ini semata untuk membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami krisis air di musim kemarau ini.

“Kami berkomitmen untuk memberikan bantuan semaksimal mungkin agar warga di dusun ini dapat bertahan menghadapi masa krisis air ini,” ujar Bagus Jatikusumo.

Lebih lanjut Bagus mendorong, agar pemerintah daerah secepatnya bisa membuat program jangka panjang untuk mengatasi permasalahan air bersih di Dusun Bendil.

“Saya berharap Pemkab Nganjuk segera membuat program pipanisasi di Dusun Bendil agar seluruh warganya bisa menikmati air bersih secara gratis dan terus-menerus,” ungkap Bagus.

Bacajuga  Antisipasi Perkembangan Situasi Di Wilayah Dandim Gelar Jam Komandan

Ia berterima kasih dan mengapresiasi DPC TMP Nganjuk yang telah membantu mengatasi krisis air di Dusun Bendil.

Satini, salah satu warga Dusun Bendil mengaku terharu dan berterima kasih atas bantuan air bersih yang didatangkan TMP Nganjuk dan Bagus Jatikusumo. Bantuan ini dirasakannya sangat berarti, terutama di musim kemarau ini.

“Karena sudah sebulan ini air sumber di punden berhenti. Jadi terpaksa beli air. Matur nuwun sanget atas bantuannya,” ucap Sutini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *