BPBD Gerak Cepat Atasi Kekeringan di Dusun Lereng Gunung Wilis

BPBD Gerak Cepat Atasi Kekeringan di Dusun Lereng Gunung Wilis

srtv.co.id Nganjuk|Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk bergerak cepat menanggapi laporan warga, Dusun Jatirejo, Desa Mojoduwur, Kecamatan Ngetos tentang kekeringan yang melanda desanya.

Kebutuhan akan baku mutu air bagi kehidupan sangatlah vital keberadaannya, sehingga juga disebut sebagai si emas biru,. Terlebih musim kemarau ini di prediksi akan lebih panjang dari biasanya. Jika beberapa hari yang lalu BPBD melakukan pasokan air ke wilayah utara Nganjuk, kemarin ada laporan yang masuk ke BPBD mengenai kekeringan yang ada di lereng Gunung Wilis (selatan).

Menanggapi laporan tersebut, BPBD Kabupaten Nganjuk langsung menyalurkan dua unit tangki besar berisikan 11 ribu liter air bersih kepada warga terdampak di Dusun Jatirejo Mojoduwur, Selasa (6/9/2023). Demikian disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Nganjuk, Abdul Wakid, usai menyalurkan air bersih (6/9) kepada warga.

Bacajuga  Bentuk Dukungan Bhayangkari Nganjuk, Berikan Bingkisan di Beberapa Titik Pos

“Hari ini (6/9) BPBD Nganjuk mengirimkan dua unit tangki air bersih dengan jumlah 11 ribu liter air bersih untuk warga Dusun Jatirejo, Desa Mojoduwur. Berdasarkan laporan dari Kepala Desa Mojoduwur dan ditindaklnjuti assesment dari Tim BPBD,” tutur Kalaksa BPBD, menyebut total ada 375 warga yang terdampak, dengan jumlah 125 Kepala Keluarga (KK).

Abdul Wakid berharap melalui dropping air bersih ini, kebutuhan air bersih warga dapat sedikit terurai. “Dan rencananya (dropping air bersih) juga akan kita kirim setiap dua hari sekali, sesuai dengan kebutuhan dan permintaan warga,” sambung Abdul Wakid.

Selain droping air bersih, BPBD Nganjuk juga membagikan 50 unit jeriken (jerigen) untuk warga di Dusun Jatirejo-Mojoduwur. Nantinya, jeriken ini dapat digunakan oleh warga sebagai tempat tandon air bersih, ungkap Kalaksa Abdul Wakid. “Kita bagi ke warga, agar warga yang ada Dusun Jatirejo bisa punya tandon air bersih,” tandasnya..

Bacajuga  Kawal Kamtibmas, Polres Nganjuk Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2023

“Setelah kita cek tandon di Dusun Jatirejo rusak. Ini bocor. Sehingga kami dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk melalui BPBD nanti juga akan mengirimkan dua unit tandon besar. Sehingga nanti warga yang ada di Dusun Jatirejo, Mojoduwur tidak kekurangan air bersih,”

Selain itu BPBD juga berkoordinasi dengan Dinas PUPR terkait daerah mana saja yang belum tercover oleh Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) atau Penyediaan air minum bebasis masyarakat (PAMSIMAS).

“ Jika daerah daerah yang belum terjangkau/tercover oleh PDAM, SPAM atau PAMSIMAS nanti coba kita cek, jika di sana juga terjadi kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih nanti kita kirim”, sambung pak Wakid.

Bacajuga  Bank BTN Bersama PPN Nganjuk Bagikan 1000 Takjil Dipengemudi Jalan A Yani

 

Reporter: Indro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *