Tangkal Hoax PWI Jawa Timur Kukuhkan Organisasi Profesi Wartawan – srtv.co.id

srtv.co.id Ponorogo | Tangkal bermunculanya berita Hoax Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa timur kukuhkan PWI Kabupaten Ponorogo debgan konferensi dan pelantikan pengurus definitif masa bakti 2019-2022, di meeting room RM Ecco Kitchen, Jalan Batoro Katong 42, Ponorogo, Jatim, Selasa(29/10/2019).

Kegiatan digelar dalam dua sesi. Dimana sesi pertama yaitu konferensi pembentukan pengurus definitif, sedangkan sesi kedua adalah prosesi pelantikan pengurus PWI untuk masa bakti 2019-2022.

Dalam konferensi tersebut secara aklamasi memilih Hadi Sanyoto dari Radio Duta Nusantara sebagai ketua definitif PWI Kabupaten Ponorogo.
Hadi Sanyoto mengatakan, saat ini para pewarta memiliki tantangan yang luar biasa. Terutama dalam menghadapi tantangan era digital dengan informasi yang demikian melimpah di tengah masyarakat.

Di era ini, semua orang bisa menjadi wartawan walaupun hanya bermodal gawai. Hoax pun tidak terbendung
“Tantangan ke depan adalah bahwa apa yang kita (para pewarta) beritakan adalah hal yang realistis dan faktual. Tantangan bagi insan pers, dan juga pemerintah untuk membuat masyarakat semakin dewasa dalam menyikapi hal yang demikian.

Bacajuga  Kemarau Panjang Ribuan Warga dan Pemerintah Gelar Sholat Istiqo - srtv.co.id

Wartawan dituntut agar semakin bijaksana dan pintar dalam memberikan informasi yang baik kepada masyarakat,” ujarnya.

Menurut Hadi, PWI Ponorogo yang baru dilantik bertekad untuk bisa memberi sumbangsih yang berarti bagi Ponorogo dan bangsa Indonesia. Serta semua diharapkan mampu menjaga marwah profesi.

Hadi menyatakan, hal ini bisa diwujudkan bila insan pers bisa menjalankan fungsi kontrol dengan baik dan bisa bermitra secara sinergis dengan pemerintah.

“Harapannya, kita bisa menghadirkan informasi-informasi yang mencerdaskan masyarakat,” ulasnya.

Ketua DPRD Ponorogo Sunarto saat memberikan ucapan selamat kepada pengurus PWI Ponorogo yang baru dilantik Prosesi dilanjutkan dengan pembentukan formatur kecil yang terdiri dari Hadi Sanyoto (Radio Duta Nusantara), Welas Arso (kanalindonesia.com) dan Eko Pamuji sekretaris PWI Jawa Timur.

Bacajuga  Babadan Bagikan Alat Penyemprot Disinfektan ke Mushola dan Masjid - srtv.co.id

Formatur kemudian menentukan dan membentuk kepengurusan definitif PWI Kabupaten Ponorogo masa bakti 2019-2022 sebagai berikut:

Ketua : Hadi Sanyoto ( Radio Duta Nusantara)
Sekretaris : Welas Arso (kanalindonesia.com )
Bendahara : Endang Widayati (Radio Duta Nusantara)
Wakil Ketua : Dili Istimora Eyato ( lenteratoday.com)
Penasehat : Siti Noor Aini ( HU Duta Masyarakat)

Seksi:
1. Sie Sosial dan Budaya : Sugeng Prasetyo (Koran Seputar Ponorogo)
2. Sie Pendidikan dan Pelatihan: Ahmad Yusron Fatahi(RRI Madiun)
3. Sie Pemerintahan, Hukum dan Politik: Agus Shofwan Rifaai(Koran Ponorogo Pos)
4. Sie Humas dan Umum: Yanuar Abidin( Harian Bhirawa)
5. Sie Olah Raga: Fenti Fatmawati ( Radio Duta Nusantara)

Sesi kedua yaitu pelantikan pengurus oleh ketua PWI Jawa Timur Ainur Rahim yang disaksikan oleh Sekretaris PWI Jawa Timur Eko Pamuji dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Mahmud Suhermono.

Turut hadir dalam pelantikan pengurus definitif PWI Ponorogo yaitu Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto, Ketua DPRD Ponorogo Sunarto beserta tiga orang wakil ketua yaitu Dwi Agus P, Misri Effendy, Anik Suharto, perwakilan dari Kodim 0802/ Ponotogo, Kejari dan Pengadilan Negeri Ponorogo.
“Saya ucapkan selamat kepada pengurus definitiv yang terbentuk hari ini, secara pribadi saya tahu cukup banyak kondisi di Ponorogo.

Bacajuga  Berbagai Kalangan Dorong H. Muhammad Thoha Maju Bacalaon Bupati - srtv.co.id

Saya berharap tetap solid, saling bahu membahu. Untuk itu PWI Jatim akan terus backup penuh selama patuh pada kode etik jurnalistik dan aturan-aturan yang berlaku,”ucap Ketua PWI Jatim Ainur Rahim saat pelaksanaan konferensi.

Ainur menambahkan,”pesan kami kepada anggota PWI Ponorogo agar menyeimbangkan peran kontrol sebagai fungsi-fungsi sosial dengan pihak lain, oleh karena itu berperilakulah wajar dan rendah hati,”tuturnya.

Reporter : Dinar Putra

Editor : DJ Rafli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *