Seni Musik Gembrung Setia Iringi Sholawatan – srtv.co.id

srtv.co.id Magetan | Iringan musik terbangan merupakan alat kesenian yang masih terus dijaga hingga saat ini, karena sejak jaman wali merupakan sarana sebagai alat untuk mengumpulkan masyarakat. Salah satu alat musik yang masih terjaga kelestarian hingga saat ini adalah Gembrung, dan masih digunakan untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad Solallohu Alaihi Wasalam.

Alat musik Gambrung merupakan alat musik pukul seperti terbang gondangdia, kendang, dan jidor, yang memiliki bahan dasar dari kulit hewan domba atau lembu dengan dipadupadankan lingkaran kayu berlobang.

Tiga alat musik ini biyasanya dimainkan oleh 20 orang hinga lebih, secara berirama mereka mengiringi lagu sholawat dan hanya hari besar Islam alat ini dimainkan.

Bacajuga  Upacara Bendera Awal Wahana Evaluasi Kinerja - srtv.co.id

Seperti peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan di Masjid Jami Baitul Rohim, Desa Nitikan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, sejak pagi hingga petang.

Gambung yang di mainkan para takmir masjid dengan melantunkan lagu sholawat, dan serempak menabuh tiga alat musik tersebut.

Salah satu pengurus Takmir Masjid Baitul Rohim Katiman mengatakan, alat musik Gembrung kali ini sengaja dimainkan untuk memperingati kelahiran kelahiran Nabi Muhammad.

“Saya sengaja memainkan pada saat tertentu, seperti peringatan agama Islam, dan Maulid Nabi seperti saat ini,” kata Katiman.

Menurutnya, musik Gembrung merupakan warisan nusantara dan tidak luput dari sejarah masuknya Agama Islam di tanah Jawa.

“Saya selaku takmir hanya bisa menjaga dan melestarikan kesenian Gembrung,” pinta Katiman.

Bacajuga  Kolaborasi Kang Marhein Mas Tatit Tenangkan Warga Juwono - srtv.co.id

Repoter : Yanto

Editor : DJ Rafli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *