Tanggapi Wisata Bau Busuk DLH Tes Lab Air Sungai – srtv.co.id

Diduga Limbah Pabrik, Dinas LH Ambil Sample di Sungai Klinter

srtv.co.id Nganjuk – Beberapa hari terakhir, warga di sepanjang aliran sungai klinter mengeluh adanya bau menyengat yang diduga berasal dari limbah pabrik PT.Jaya Kertas Kertosono, yang berada di Jalan Raya Surabaya – Madiun atau tepatnya di Desa Kepuh Kecamatan Jertosono Kabupaten Nganjuk.

Menindaklanjuti keluhan warga tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk akhirnya mengambil sample air di sungai klinter di Desa Kemaduh Kecamatan Baron, Senin (7/10/2019) pukul 09.00 wib.

Salahsatu warga desa seyempat,…. mengatakan bahwa bau tak sedap akibat tercemarnya sungai klinter tersebut diduga berasal dari limbah pabrik kertas PT.Jaya Kertas. “Setiap musim kemarau, bau tak sedap ini pasti terjadi,” ujarnya.

Bacajuga  Bermoduskan Ngamen Anak Punk Resahkan Pemilik Warung Dikota Tanjungbalai - srtv.co.id

Sementara itu, Suwelo salahsatu tim laboratorium Dinas LH Kabupaten Nganjuk mengatakan, pangambilan sample air sungai ini akan di uji lab ke Surabaya. “Setelah mengambil sample di sungai ini, kami langsung ke pabrik Jaker untuk mengambil sample juga,” terangnya.

Senada disampaikan oleh Ari, salahsatu tim lab Dinas LH Kabupaten Nganjuk, menurutnya setelah mengambil sample di sungai klinter dan di pabrik kertas Jaker, pihaknya segera membawa sample ke Surabaya. “Karena sample ini harus segera di uji dan maksimal batas waktunya 24 jam,” kata Ari.

Terpisah Aman selaku Humas PT.Jaya Kertas mengatakan bahwa, terkait limbah pabrik, pihaknya sudah melakukan proses pengolahan limbah tersebut di Unit Pengolah Limbah yang dimiliki oleh perusahaan sudah sesuai prosedur yang ada. ” Bahkan setiap bulan pihak Dinas LH mendatangi pabrik untuk melakukan pengecekan,” Ucapnya.

Bacajuga  GENJOT | RUTILAHU BAPAK LAMIRAN 63 Th MENCAPAI 90%

Dikatakan juga, bahwa setiap tahun, pihaknya mengeluarkan anggaran ke 4 (desa) sepanjang sungai klinter, untuk melakukan pembersihan sungai. “Setiap tahun dana untuk kebersihan sungai itu, kami berikan,” tandas Aman.

Reporter : Samsul Arifin

Editor : Pakde Kamto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *