Ramadhan Mubarak Menyehatkan Lahir Maupun Batin – srtv.co.id

banner 468x60
Ramadhan Mubarak Menyehatkan Lahir Maupun Batin
—————————
Ali Anwar Mhd
Iya, puasa ramadhan mubarak itu menyehatkan. Itulah hasil analisis dan penelitian yang telah jelaskan oleh para ilmuwan.
Pada siang hari, orang yang menjalani puasa, ketika kondisi tubuhnya melemah, saat itulah terjadi peristirahatan organ pencernaan di dalam tubuh, dan terjadi pembaharuan sel-sel yang mati.
Bukan hanya itu, tapi ada sisi lain yang menyehatkan pula. Disaat malam hari, untuk memperbanyak amalan kebaikan, sehabis melaksanakan sholat isyak, di luar bulan ramadhan tidak mengerjakan sholat yang jumlah raka’at nya begitu banyak, tapi pada saat bulan ramadhan mengerjakan shalat tarawih dan witir sampai 23 rokaat.
Juga mengerjakan shalat rawatib, yaitu melaksanakan shalat-shalat sunah yang mengiringi shalat fardhu. Selanjutnya masih mengerjakan shalat malam seperti shalat tahajud, tasbih, hajad dan sebagainya. Pagi setengah siang mengerjakan shalat Dhuha
Tentu semua gerakan dari rangkaian shalat yang begitu banyak sudah menggerakan semua anggota tubuh, mulai dari bergeraknya otot kepala sampai kaki. Tentu semua menyehatkan.
Belum ditambah dengan bentuk wirid-dzikir yang dilaksanakan setiap setelah shalat maktubah (5 waktu), wirid-dzikir pada malam hari, dan tadarus al-Quran. Dimana pada saat puasa dianjurkan untuk memperbanyak amalan tersebut. Wirid-dzikir dan tadarus al-Quran akan menyehatkan ruhani.
Dari sini jelaslah bahwa ramadhan membawa dampak kesehatan, baik kesehatan fisik dengan beristirahatnya organ pencernaan dan sekaligus memproduk sel-sel baru untuk mengganti sel-sel lama yang sudah tidak bagus.
Juga sehat jasmani melalui aktifitas gerakan shalat yang jumlahnya jika dihitung semuanya baik shalat maktubah, shalat sunah yang mengiringi maktubah, shalat tarawih, shalat malam, shalat dhuha, jika dihitung sudah sama dengan olah raga berat.
Dan sehat rohani efek dari wirid-dzikir dan tadarus al-Quran yang dijalankan selama bulan ramadhan. Wirid-dzikir yang laksanakan pada malam hari mengandung unsur positif yang bersatu dengan alam. Unsur tersebut baik bagi kesehatan rohani maupun jasmani.
Nganjuk, 12 Mei 2019
banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.