Wisata Unggulan Kampung Adat Segunung, melestarikan Budaya Dan Adat Desa – srtv.co.id

banner 468x60

Srtv.co.id Jombang | Dusun Segunung Desa Carang Wulung Kecamatan Wono Salam Kabupaten Jombang adalah salah satu desa wisata unggulan di wilayah jombang paling selatan (05/12/20).

Kampung Adat Segunung yang diprakarsai Bapak Safi’i (42thn) sebagai ketua Kampung Adat atau dalam bahasa jawa Sobo Deso atau Juru deso.

Bapak Safi’i ketika dikonfirmasi awak media mengatakan kalau Kampung Adat baru berjalan 1 (satu) tahun dan karena ada pandemi Covid -19 ini wisata kampung adat agak terhambat jadi sepi.

” untuk wisata kampung adat sementara yang ditonjolkan adalah keindahan alam pegunungan, kopi Robusta yang ditanam sendiri dan susu sapi yang sudah diolah jadi siap saji ungkap Safi’i.

Disebelah kampung adat juga ada wisata Rumah Si Mbah yang menampilkan hiasan dunia Pewayangan juga keindahan alam pegunungan yang asri.

Sayangnya wisata Rumah Si Mbah dimiliki orang luar alias Pendana walaupun ada perjanjian dengan pihak Desa Carang Wulung.

Peran Pemerintah Desa Carang Wulung sangat penting untuk memberdayakan UMKM di bidang wisata. dikampung adat mungkin bisa lebih maju dan menarik minat wisatawan dari luar daerah.

Dari Desa sendiri sudah mengajukan Proposal ke Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pariwisata tetapi sampai saat ini belum terealisasi padahal kampung Adat Segunung sangat potensial untuk menarik wisata lokal baik dari dalam maupun luar wilayah Jombang.

Harapan Bapak Safi’i sebagai Ketua Kampung Adat Segunung supaya pemerintah Daerah khususnya Dinas Pariwisata Jombang supaya cepat merealisasi agar bisa mewujudkan impian dan harapan warga Segunung melalui kebijakan pemerintah daerah jombang supaya wisata kampung adat bisa lebih tertata dan lebih banyak menarik minat wisata luar daerah.

Reporter : Widodo

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *