TNI Lumajang Berikan Layanan Kesehatan Pengungsi Erupsi Semeru secara Rutin

  • Whatsapp

 

Lumajang, Pendim 0821 – Kesehatan warga terdampak Erupsi Gunung Semeru di Dusun Poncokusumo Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Jawa Timur terus dikontrol kesehatannya oleh Tim Kesehatan hingga hari ini.

“Secara menyeluruh, tim pemeriksa kesehatan menyisir pengungsi, memastikan tetap berada pada kesehatan yang prima, baik jasmani dan rohani,” kata Kapolkes 05.09.02 Lumajang Peltu M. Iswahyuddin saat dimintai keterangan, Senin (3/1/2022).

Iswahyuddin juga mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya, yang secara berkesinambungan dan dilakukan sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan.

“Berdasarkan pada data para pengungsi, kami prioritaskan pengungsi yang usia lansia. Selanjutnya diikuti oleh warga yang ketika ingin memeriksakan diri, kami layani dan itu cuma – cuma, gratis tidak dipungut biaya,” ujar dia.

Ia menambahkan, bahwa pemberian pelayanan kesehatan secara berkala itu merupakan wujud layanan dari TNI sesuai tugas diantaranya, pada situasi darurat.

“Langkah ini juga sebagai upaya atau langkah dini. Menghindari dampak berlebih dalam kesehatan warga. Ketika ditemukan gejala yang perlu tindak lanjut, maka kami berikan rujukan atau rekomendasi ke pihak yang berkaitan,” imbuhhya.

Sesuai hasil pemeriksaan hingga saat ini, kondisi kesehatan pengungsi pada umumnya berada pada level aman. Kebanyakan hasil pemeriksaan menyatakan sehat. (Pendim 0821/Fj)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *