Tinjau Lokasi Terdampak Lahar Dingin Semeru, Dandim 0821 Lumajang Pastikan Penanganan Cepat dan Tepat Sasaran

  • Whatsapp

 

Lumajang, Pendim 0821 – Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Andi A. Wibowo S.Sos M.I.Pol, meninjau jembatan sungai regoyo Desa Gondoruso Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Jawa timur, Selasa (4/1/2022) pagi.

Minggu (2/1/2022) lalu, lokasi tersebut turut menjadi dampak banjir lahar dingin Gunung Semeru. Material vulkanik nampak menimbun. Luapan air terpantau tinggi hingga di atas jembatan.

Saat peninjauan tersebut, Andi mengatakan, bahwa pihaknya melalui Koramil 0821/08 Pasirian telah melakukan tindakan penyelamatan, termasuk dua orang warga setempat yang dikabarkan sempat terjebak banjir, dievakuasi bersama tim gabungan dalam kondisi selamat.

Andi juga mengatakan, pihaknya juga memastikan akan terlibat dalam upaya penanganan. Sedari pembersihan, hingga pengembalian fungsi jembatan sebagaimana mestinya.

“Untuk penanganan, kami akan lakukan secara bersinergi dengan stakeholder yang ada. Seyogyanya masyarakat bisa berkegiatan seperti biasa, ketika melintas di jembatan ini. Akan tetapi tetap kami minta waspada, nanti akan kami siagakan personel untuk mengawal keselamatan warga ditengah upaya penanganan,” kata dia.

Ia menambahkan, bahwa pasca bencana, jembatan sungai regoyo tidak bisa dilalui oleh semua kendaraan jenis apapun, akibat luberan lahar karena jembatan tersebut merupakan penghubung Desa Gesang di Kecamatan Tempeh dan Desa Sememu di Kecamatan Pasirian juga terputus.

“Prioritas keselamatan warga dan tim penanganan. Disisi lain, percepatan penanganan dengan tetap berkoordinasi dengan pihak terkait, agar akselerasi dan langkah upaya yang dilakukan tepat sasaran dan hasilnya maksimal,” imbuhnya.

Turut mendampingi Dandim 0821 saat itu, Danramil 0821/08 Pasirian Kapten Arm Ony Ariyanto S.H berikut anggota. (Pendim 0821)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *