oleh

Gelar Wisuda Ke-37 secara Daring, Ketua STKIP PGRI Nganjuk : Kejujuran, Kebenaran, dan Keadilan Cerminkan Keluhuran Budi – srtv.co.id

Srtv.co.id. Nganjuk – Kemeriahan dan kesakralan prosesi Wisuda yang selama ini dinantikan mahasiswa saat mengakhiri studi dibangku Kuliah, seakan menjadi harapan yang tak bisa dirasakan di masa Pandemi Covid-19. Pelaksanaan Wisuda Ke-37 STKIP PGRI Nganjuk di tengah Pandemi Covid-19 Tahun Akademik 2019/2020 ini untuk pertama kalinya digelar secara Online/Daring. Kamis (26/11/2020) bertempat digedung Unit IV Kampus STKIP PGRI Nganjuk di jalan Abdul Rahman Saleh 21 Nganjuk ini,sebanyak  146 Mahasiswa disahkan secara resmi menyandang gelar Sarjana S1 Bidang Pendidikan.

Wisuda Sarjana Strata Satu (S1) Ke-37 ini hanya dihadiri Civitas Akademika STKIP PGRI Nganjuk yang terdiri Ketua YPLP-PT PGRI Nganjuk Poedjihardjo,Ba, Ketua STKIP PGRI Nganjuk Dr. Vera Septi Andrini, MM, Wakil Ketua 1 Dr.Suharto, M.kes, Wakil Ketua 3 Dr. Hariyono, MM, Unsur Pimpinan disetiap Program Studi, dan Lembaga serta Unit-Unit di Lingkungan STKIP PGRI Nganjuk, Ketua STIE Nganjuk Indra Dekrijanti, , Kepala Sekolah SMK PGRI 2 Nganjuk Drs

Betri Pragawaty,serta Orang Tua Wisuda terbaik. Dan dihadiri juga dari Pihak Keamanan secara Langusng Kapolsek Nganjuk Kota Kompol Budi Narianto.

Pelaksanaan Prosesi Wisuda selain menggunakan teknologi Zoom juga disiarkan secara LIVE Streaming pada Channel srtv.co.id. Prosesi Acara yang mengalami penyesuaian dibandingkan tahun sebelumnya, hanya pada Prosesi Pindah Tali Toga sebagai Simbol pengukuhan setiap Mahasiswa menjadi Wisudawan dan wisudawati yang berhak menyandang Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Wisudawan yang berada di jalur Virtual (Zoom) prosesi Pindah Kuncir akan dilakukakn oleh Orang Tua atau Wali Wisudawan yang berada dimasing-masing rumah. Selain itu, Paduan Suara yang menghiasi dsetiap acara diganti dengan iringan 3 Penyanyi dan Music Electone. Bahkan Sambutan Kepala LLDIKTI Wilayah 7 Prof. Dr. Ir. Soeprapto, DEA. Dilaksanakan via Online dari Kantor LLDIKTI Wilayah 7 Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.177 Surabaya.

Ketua STKIP PGRI Nganjuk Dr. Vera Septi Andrini, MM yang memberikan sambutan secara langsung dan disiarkan LIVE Streaming menyampaikan pandangan dan pemikirannya mengenai lulusan sarjana di Era Pandemi Covid-19 dan Era Industri 4.0. dengan Situasi pandemi covid-19 membuat setiap orang harus kreatif menciptakan terobosan untuk mencari jalan keluar persoalan hidup dan bahkan membuka peluang baru.

“STKIP PGRI Nganjuk telah berupaya untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dan daya saing. STKIP PGRI Nganjuk bercita-cita untuk menghasilkan sarjana pendidikan yang tidak hanya mempunyai tingkat intelektualitas yang tinggi, namun juga kreatif dan mempunyai jiwa kewirausahaan (enterpreneur). Sarjana yang mempunyai tingkat intelektualitas tinggi adalah orang-orang yang cerdas, mampu berpikir kritis dan analitis dalam mengembangkan ide-ide dan ilmu pengetahuan baru. Sarjana yang kreatif adalah orang orang yang secara inovatif mampu mengaplikasikan secara ekonomis ilmu pengetahuan baru untuk menciptakan hal-hal yang dapat meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Sarjana yang mempunyai jiwa kewirausahaan (enterpreneur) adalah orang-orang yang mampu mengemas atau menjual hasil inovasinya, sehingga menghasilkan keuntungan secara ekonomis.”paparnya.

Kegiatan yang rencana semula akan dilaksanakan secara Luring/Offline ini terpaksa dilakukan dengan prosesi yang terbatas. Melihat kondisi perkembangan pandemi yang belum kondusif dan serta mematuhi himbauan pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa. STKIP PGRI Nganjuk hanya melaksanakan wisuda dengan menghadirkan 5 orang wisudawan terbaik sebagai perwakilan bagi 141 wisudawan yang menyaksikan secara langsung melalui Zoom yang terdiri dari 5 Program Studi diantaranya : Pendidikan PKn, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika.

Wisudawan Terbaik diraih Siti Nuremi yang berasal dari Pendidikan IPA dengan IPK mencapai 3,95, Sutiyono dari Program Studi Pendidikan Matematika dengan IPK 3,82, Suciana Rahmawati dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,80, Novi Rahayu Ningsih dari Program Studi Pendidikan PKn, dan Seligita Deviana dari Program Studi Pendidikan Ekonomi dengan IPK 3,52.

Sebagai Wujud apresiasi atas pencapaian Prestasi yang diraih mahasiswanya, STKIP PGRI Nganjuk bersama Mitra Perbankan Nasional memberikan Beasiswa dan Kenang-kenangan kepada 5 orang Wisudawan dan Wisudawati yang penyerahannya disampaikan langsung oleh Ketua STKIP PGRI Nganjuk.

Ketua STKIP PGRI Nganjuk berpesan kepada Para Wisudawan yang sekaligus juga menyandang sebagai Alumni dan Keluarga Besar STKIP PGRI Nganjuk untuk tidak berhenti memberikan kontribusi dan sumbangsihnya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas STKIP PGRI Nganjuk dimasa depan, terutama peningkatan relevansi program pendidikan serta kurikulumnya dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

”Saya titipkan nama baik STKIP PGRI Nganjuk saat berada ditengah-tengah masyarakat. Tidak ada satupun Sekolah Tinggi yang mengajarkan hal-hal yang bertentangan dengan kaidah-kaidah kebaikan yang bersifat universal. Karena itu, nilai-nilai ”Kejujuran, Kebenaran dan Keadilan” seharusnya tertanam pada diri setiap lulusan. Sebagai pencerminan dari keluhuran budi, ”Kejujuran, Kebenaran dan Keadilan”apabila digabung dengan kemampuan ilmu pengetahuan, serta semangat pengabdian, sebagai wujud nilai kepahlawanan pada masa kekinian, Insya Alloh akan menjadi amunisi yang besar untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi.”Pungkasnya dihadapan Wisudawan baik yang hadir di acara maupun secara virtual melalui zoom dan LIVE streaming.

Wisuda secara Daring yang dilakukan oleh STKIP PGRI Nganjuk di masa masih berlangsung  Pandemi ini mendapat perhatian dan apresiasi dari Pejabat di Pemerintah Kabupaten Nganjuk atas upayanya ikut serta mendukung pemerintah daerah dalam menghadapi pandemi covid-19. Pejabat yang memberikan apresiasi secara langsung diantaranya Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat, Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.E., S.H., M.H., MBA dan Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono, A.Md yang disampaikan melalui sambutan singkat melalui  srtv.co.id.

“Saya menyampaikan Terima kasih kepada STKIP PGRI Nganjuk yang telah benar-benar mematuhi Protokol Kesehatan dengan menggelar Wisuda secara Daring.Mudah-mudahan kedepan mampu mencetak Sumberdaya Manusia yang berkualitas dan unggul untuk kemajuan Kabupaten Nganjuk”sambutnya di Ruang Dinasnya.

Dalam kesempatan terpisah usai acara,Suciana Rahmawati salah satu Wisudawati Terbaik dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengungkapkan kebahagiaannya dan rasa syukur atas yang diterimanya.

“Terima kasih atas support terbaik dan bimbingannya dari Orang tua dan kepada semua civitas akademika STKIP PGRI Nganjuk.dirinya tidak menyangka menerima penghargaan ini dan apapun predikat yg diraih sebagai semangat dan merupakan pilihan terbaik dari apa yang dijalani”ujar putri dari Bapak Wulyono dan yang akrab disapa Cici.

Reporter : red/ansyori

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed