Seni Reyog Singo Merto menjadi Ciri Khas Nyadran Dusun Paldaplang, Jogomerto

 

srtv.co.id Nganjuk- Salah satu adat istiadat yang tak pernah di tinggalkan karena sudah menyatu dan sudah melekat di hati dan sanubari masyarakad jawa seperti Nyadran atau bersih Desa , pada Jum’at (24/6/ 2022) pukul 07.00 WIB di Dusun Paldaplang Desa Jogomerto Kecamatan Tanjunganom.

ucap syukur pada tuhan yang maha esa bahwa hari ini kami atas nama Sekretaris Desa, Wulan mewakili warga Dusun Paldaplang berterima kasih atas Guyub rukunnya warga semua bahwa hari ini bisa melaksanakan nyadran/bersih Desa tepat nya hari Jum’at Legi bulan selo. dalam bulan Jawa.

Dusun Paldaplang Desa Jogomerto kecamatan Tanjunganom salah satu desa yang masih kental dengan budaya dan adat nyadran.

Menurut Kang Dariono salah satu perangkat Desa Jogomerto juga pemilik seni kuda kepang Singo Merto beliau juga salah satu pemberarti budaya seni di wilayah Nganjuk.

“Nyadran dan punden itu sudah adat kami,” ujarnya.

Selain bancakan tumpeng juga hiburan lomba sholawat di dusun padaplang tapi sajian jaranan yang termasuk salah satu adat kushus bagi Dusun Paldaplang.

Jaranan bagi warga Paldaplang sudah menjadi keharusan dan sudah di percayai warga Paldaplang malah menurut salah-satu warga Paldaplang, juga waktu nyadran kalau gak ada sajian jaranan bisa di yakini berakibat patal, menurut mas Sogol warga asli Dusun Paldaplang.

Singo Merto sendiri asli jaranan dan reog yang madepok di Desa Jogomerto Kecamatan Tanjunganom dengan di pangdegani Bopo Dariono .

Sekretaris Desa dan Kamituwo Dusun Paldaplang mengucapkan banyak terimakasih atas terselenggaranya acara nyadran/bersih Desa Dukuh Paldaplang semoga warga guyup rukun sebelum dan sesudah melaksanakan nyadran/bersih desa pada hari ini.

 

Reporter: Red bon, Erlita

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.