Kekeringan Rawan Kebakaran – srtv.co.id

Musim Kemarau Kec.Arjosari dan Kota Rawan Terjadi Kebakaran.

Bacaan Lainnya

srtv.co.id Pacitan, Musim kemarau panjang melanda di Wilayah Kabupaten Pacitan Provinsi, Jawa Timur. Seperti saat ini sudah banyak lahan diberbagai wilayah mengalami kekeringan sumber air hingga tanaman yang mati.

Pacitan dengan kondisi perbukitan dan pegunungan, tumbuh-tumbuhan yang kering menyebabkan mudahnya tersengat api menimbulkan kebakaran saat kemarau panjang seperti saat ini, namun hingga kini belum ditemukan penyebab kebakaran tersebut apakah ada unsur kesengajaan atau yang lainnya.

Namun disetiap tahunnya sering terjadi kebakaran hutan yang melahap lahan warga, mulai setengah hingga dua hektar pertahunnya, Seperti yang disampaikan Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Kabupaten Pacitan Wardoyo S, Hut. MM dikantor dinasnya. Senin (8/7/19).

“Setiap tahun pasti ada kejadian seperti itu,
Kalau jumlahnya lupa cuma kalau titik-titik rawan sebagian besar Kecamatan Arjosari dan Wilayah Kota”ungkapnya.

Saat dikonfirmasi langkah dinas Kehutanan terkait penanganan agar tak terjadi kembali kebakaran, ia mengatakan bahwa melalui penyuluh yang diterjunkan disetiap kecamatan dan desa pihaknya menekankan untuk sosialisasi kepada masyarakat, agar tidak membuang putung rokok sembarangan serta membakar sampah didekat hutan maupun barang yang mudah terbakar dan ditinggal sebelum padam, sehingga mengakibatkan merambatnya api meluas kelahan yang kering.

“Jangan membuang putung rokok sembarangan dan yang kedua jangan membakar sampah ditinggal pergi sebelum mati apinya”pungkasnya.

Reporter : Rojihan

Editor : Bagus Jatikusumo

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.