Gerak Cepat, Pemkab Nganjuk Rampungkan Distribusi dan Pencairan Kartu Bansos – srtv

  • Whatsapp

 

Pemkab Nganjuk bergerak cepat merampungkan distribusi kartu bansos, dan memastikan seluruh bantuan sampai ke tangan keluarga penerima manfaat (KPM).

Tak menunggu hari berganti, setelah kunjungan Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharani pada Minggu (21/11/2021) sore, Dinas Sosial PPPA Kabupaten dan instansi terkait langsung melakukan koordinasi dan turun ke lapangan.

 

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengatakan, usai pertemuan dengan Mensos Risma di Rumah Makan Nirwana, pada Minggu sore (21/11/2021), ia langsung menginstruksikan rapat koordinasi di Kantor Dinsos PPA Nganjuk, yang dipimpin oleh Sekda Nganjuk Mokhamad Yasin.

 

Marhaen menyebut, dalam rapat tersebut juga dihadiri pihak BRI Cabang Nganjuk,

TKSK Nganjuk dan korda.

 

“Hasil koordinasi disepakati, bahwa hari ini (22/11) dan besok (23/11) kami rampungkan distribusi KKS (kartu keluarga sejahtera) yang masih ada di BRI, karena kendala regulasi dari bank sendiri,” terang Marhaen, ketika dikonfirmasi Senin (22/11/2021).

 

Sebagai tindaklanjut dari instruksi Mensos Risma, Marhaen memastikan pihaknya bekerja keras, bahkan lembur, untuk mendistribusikan KKS kepada seluruh KPM.

 

“Sebagai informasi atau catatan, bahwa Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) berada di bank, bukan di Dinsos, pendamping atau e-Warong. Ini mungkin karena aturan atau prosedur dari BRI yang tidak mendistribusikan,” imbuh Marhaen.

 

Adapun alasan pihak bank tidak mendistribusikan, disebut Marhaen antara lain karena KPM meninggal dunia, KPM pindah tempat tinggal, KPM tidak ditemukan, dan lain-lain.

 

Ia memastikan bahwa hari ini kegiatannya sudah berjalan, dan akan terus dipantaunya secara berkala.

 

  • Lebih lanjut Marhaen mengatakan, sampai Senin sore (22/11/2021), penyaluran KKS sudah dilakukan di berbagai kecamatan. Contohnya di Kecamatan Jatikalen, lalu di Kecamatan Gondang bersama pihak bank, dengan jumlah 228 KKS.

 

Secara rinci, kata Marhaen, pada Senin ini (22/11/2021) pemantauan penyaluran KKS dan pencairan bansos dilaksanakan di 13 kecamatan.

 

Meliputi Kecamatan Bagor, Baron, Berbek, Gondang, Jatikalen, Kertosono, Lengkong, Loceret, Sawahan, Ngetos, Ngluyu, Ngronggot, dan Pace.

 

Sedangkan Selasa besok (23/11/2021), kegiatan dilanjutkan di 7 kecamatan, meliputi Kecamatan Nganjuk, Patianrowo, Prambon, Rejoso, Sukomoro, Tanjunganom, dan Wilangan.

 

Sebelumnya, Menso Tri Rismaharini saat melakukan monitoring dan pemadanan data bantuan sosial di Kabupaten Nganjuk, mengungkapkan terdapat lebih dari 7.000 kartu bantuan sosial di Nganjuk belum terdistribusi.

 

Dari data yang tersedia, untuk BPNT/kartu sembako, pada September sebanyak 3.582 KKS belum terdistribusi. Kemudian pada Oktober sebanyak 3.579 KKS belum terdistribusi. Sehingga total terdapat 7.161 KKS yang belum terdistribusi di Kabupaten Nganjuk.

 

Reporter : Asti H

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *