Danrem 081/DSJ Salurkan BTPKLW, Walikota Madiun Apresiasi Kinerja TNI

  • Whatsapp

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini telah menyentuh atau berdampak terhadap seluruh sektor kehidupan, khususnya dari sektor ekonomi.

“Pandemi membuat sektor ekonomi nyaris jatuh tak berdaya, terutama bagi para pelaku UMKM, khususnya mereka para pedagang kaki lima dan warung,” kata Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Waris Ari Nugroho dalam sambutannya pada acara penyerahan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) wilayah Kota dan Kab. Madiun di Kodim 0803/Madiun, Jl. Pahlawan No. 25 Kota Madiun, Jumat (22/10/2021).

Mengenai hal itu, Danrem mengungkapkan jika pemerintah telah mengambil langkah dengan memberikan bantuan dan kompensasi berupa bantuan UMKM sebesar Rp 1,2 juta melalui program BTPKLW sebanyak 1 juta paket, yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Oktober 2021 di Yogyakarta.

Dijelaskannya, jika program tersebut sama persis dengan program yang telah diluncurkan sebelumnya yaitu Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Guna menindaklanjuti penyaluran BTPKLW di wilayah Kota dan Kabupaten Madiun, hari ini akan disalurkan tahap pertama sebanyak 300 paket.

“Hari ini akan dilounching tahap pertama sebanyak 300 paket dari total 4.800 paket yang akan diserahkan secara simbolis kepada 10 orang PKL dan pemilik warung yang berhak menerimanya,” terangnya.

Danrem berharap, bantuan yang diberikan itu nantinya dapat digunakan untuk menambah modal usaha atau bertahan hidup, serta tidak digunakan untuk membeli barang-barang yang bersifat konsumtif.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kolonel Inf Waris tidak lupa untuk terus berpesan dan mengingatkan agar tetap patuh dan disiplin dalam melaksanakan Prokes secara ketat. “Mari tetap disiplin dan jangan lengah,” pungkasnya.

Sementara itu, Walikota Madiun H. Maidi memberikan apresiasinya terhadap upaya dan kinerja TNI dalam penanganan Covid-19 saat ini.

“Terima kasih TNI telah aktif berperan dalam mengerem Covid-19 dan membantu untuk ngegas ekonomi, khususnya di Kota Madiun,” ujar dalam sambutannya.

Karena menurutnya, di tengah pandemi saat ini, Kota Madiun merupakan salah satu daerah yang terus ngegas atau bangkit di sektor ekonomi.

Dia pun berharap, masyarakat juga turut mengambil perannya dengan membudayakan belanja di UMKM-UMKM, agar perekonomian tetap tumbuh dan berkembang.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *