Dandim Nganjuk Bersama Forkopimda Ikuti Upacara HUT ke-76 TNI Secara Virtual

  • Whatsapp

Nganjuk – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0810/Nganjuk Letkol Inf Georgius Luky Ariesta, S.I.P., M.Si., bersama Forkopimda Kabupaten Nganjuk mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 TNI secara virtual dari halaman Makodim 0810/Nganjuk, Selasa (5/10/2021). Walaupun dilaksanakan secara virtual, Dandim bersama Forkompinda Nganjuk mengikuti dengan khidmat.

Ini kali kedua peringatan ulang tahun TNI dilaksanakan secara virtual karena pandemi Covid 19.

Upacara HUT TNI dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat karena ada wabah Covid-19. Di tingkat pusat, upacara dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, dengan peserta terbatas dan disiarkan secara virtual. Presiden Joko Widodo sebagai panglima tertinggi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara diawali dengan sesi mengheningkan cipta. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Marga.

“Bila diibaratkan sebagai perang, melawan Covid-19 sekarang ini seperti perang yang berlarut-larut. Perang yang sangat menguras tenaga, mental, dan semangat juang,” kata Presiden Jokowi dalam amanatnya, Selasa 5 Oktober 2021.

Ia juga mengatakan perang melawan Covid-19 ini membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam hal itu, TNI telah berperan besar dalam ikut menangani pandemi Covid-19 di Indonesia.

“TNI yang selalu menunjukan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan per orang, kemampuan satuan, pemanfaatan teknologi dan ilmu pengetahuan termasuk alutsista, digunakan dan dikerahkan dalam setiap tugas yang diberikan,” kata Jokowi.

Jokowi pun menyampaikan selamat bagi TNI. Ia memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi jajaran TNI yang menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari seluruh gangguan.

“Selamat hari ulang tahun ke-76 TNI. Selamat bekerja dan mengabdi untuk Nusa dan Bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita. Dirgahayu TN, bersatu, berjuang, kita pasti menang,” kata Jokowi.

Selesai upacara, Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf Georgius Luky Ariesta, S.I.P., M.Si., mengungkapkan dalam rangka HUT ke-76 TNI, seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo, bahwa TNI siap bersinergi dengan semua komponen dan masyarakat untuk negeri.

“Oleh karena itu, beserta semua elemen pemerintahan dan masyarakat bersinergi dalam rangka membangun Kabupaten Nganjuk,” ucap Dandim Nganjuk.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, terkait profesionalisme, maka anggota Kodim 0810/Nganjuk siap melaksanakan arahan presiden selaku Panglima tertinggi.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Bupati Nganjuk mengucapkan selamat ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ke 76.

“Atas nama masyarakat Nganjuk mengucapkan selamat ulang tahun Tentara Nasional Indonesia ke 76, dengan harapan seperti yang disampaikan bapak presiden menjadi pedoman seluruh anggota TNI dan masyarakat di Indonesia” kata Plt. Bupati Nganjuk.

Selain itu Plt. Bupati juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh anggota TNI khususnya Kodim 0810/Nganjuk yang telah bekerjasama dalam mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah daerah Kabupaten Nganjuk.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Kapolres Nganjuk AKBP Jimmy Tana, M.I.K., Kapolres membawa anggotanya serta kue ulang tahun diserahkan kepada Dandim 0810/Nganjuk seraya mengucapkan selamat HUT ke 76 TNI.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *