Dandim 0810 Nganjuk Hadiri Upacara Hari Pahlawan 10 November 2021

  • Whatsapp

Nganjuk – Rabu (10/11/2021), Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf Georgius Luky Ariesta, S.I.P., M.Si, hadiri Upacara dalam rangka memperingati hari pahlawan, 10 November 2021 yang dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati Nganjuk.

pada peristiwa ‘Pertempuran 10 November 1945’ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang cukup besar,” ujarnya.

Lanjutnya, peristiwa tersebut, merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Bung Karno pernah menegaskan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini, memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, bahwa tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan serta perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Republik Indonesia,” ungkapnya.

Dandim 0810/Nganjuk juga menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus bangsa, perjuangan dan pengorbanan yang sudah ditunjukkan oleh para pendahulu harus menjadi contoh bagi semua dalam meneruskan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih.

“Kobaran semangat serta pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan negara ini haruslah menjadi contoh bagi kita sebagai generasi penerus untuk dapat mengisi kemerdekaan dengan penuh semangat” tuturnya.

“Jadikan pahlawan sebagai inspirasi dalam mengisi kemerdekaan negara Indonesia yang kita cintai ini. Selamat Hari Pahlawan” pungkas Dandim.

Turut hadir Forkopimda Kabupaten Nganjuk, Ketua DPRD Kabupaten Ngajuk Tatit Heru Tjahjono, A.Md. Kajari Nganjuk Bpk. Nophy Tennophero Suoth, S.H.,M.H., Kapolres Nganjuk AKBP Jimmy Tana , S.I.K.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Plt. Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi, S.H., M.H., M.Ba. dengan mengusung Tema Hari Pahlawan Nasional tahun 2021 adalah PAHLAWANKU INSPIRASIKU.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *