Ini Empat Calon Pimpinan DPRD Trenggalek – srtv.co.id

Penetapan empat calon pimpinan DPRD Trenggalek

srtv.co.id Trenggalek | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek gelar sidang paripurna internal terkait penetapan calon pimpinan yang akan diusulkan kepada Gubernur Jawa Timur, Sabtu, (14/9/2019).

Ke-45 anggota dewan pilihan rakyat itu, untuk kali pertama melaksanakan rapat bersama usai dilantik secara definitif tanggal 26 Agustus 2019 lalu.

Sidang dipimpin langsung oleh Ketua Sementara DPRD Kabupaten Trenggalek, Samsul Anam tersebut dinyatakan quorum, dibuka dan terbuka untuk umum.

Dalam sambutannya, Samsul mengatakan bahwa usulan calon ketua DPRD definitif 2019 – 2024 dari beberapa partai politik, kemarin sudah diterima oleh pihak kesekretariatan.

“Nama-nama kader tiap partai yang akan duduk menjadi pimpinan DPRD Trenggalek sudah diterima. Namun, dari beberapa usulan itu ada satu perubahan yaitu dari Fraksi PDI-P,” jelasnya.

Menurut Politisi PKB itu, formasi sebelumnya adalah Doding Rahmadi ditunjuk partainya sebagai ketua Fraksi PDI-P, akan tetapi sekarang di tetapkan untuk menggantikan Pranoto menjadi unsur pimpinan di DPRD.

“Dan kemudian, Pranoto yang sebelumnya merupakan salah satu pimpinan sementara DPRD dari PDIP, akan diproyeksikan sebagai ketua fraksi,” imbuhnya.

Dengan adanya pergeseran itulah, sambung Samsul, paripurna tadi diselenggarakan dalam rangka untuk menyesuaikan perubahan keputusan DPRD. Yang nantinya, akan diusulkan pada Gubernur melalui Bupati, agar segera diresmikan dan ditetapkan menjadi pimpinan DPRD secara definitif. Sehingga tanggungjawab dan tugas kedewanan bisa segera dilaksanakan secara profesional.

“Senin besok, akan kita usulkan kepada Gubernur Jawa Timur melalui Bupati,” sambung Samsul.

Masih kata dia, pergantian beberapa anggota dewan yang lama dengan wajah-wajah baru dan ‘notabene’ masih relatif muda itu diharapkan akan menjadi inspirasi bagi anggota dewan senior lainnya. Sehingga kedepan, muncul inovasi maupun terobosan kreatif dikalangan internal anggota DPRD demi mensejahterakan rakyat, menjadi wakil rakyat yang berkwalitas, akomodatif, serta aspiratif.

“Semoga dengan adanya beberapa anggota muda yang energik, nantinya DPRD Trenggalek dapat lebih bersinergi. Banyak inovasi yang dimunculkan guna mendukung visi misi DPRD,” harapnya.

Sedangkan untuk unsur pimpinan DPRD Kabupaten Trenggalek yang sudah disepakati dan diusulkan ke Gubernur adalah, Samsul Anam dari PKB, Doding Rahmadi PDI-P, Arik Sri Wahyuni Golkar, dan Agus Cahyono dari PKS

“Setelah pimpinan DPRD definitif nanti, barulah kemudian alat kelengkapan dewan (akd) akan kita bentuk,”pungkasnya.

Reporter : Andi Surahman

Editor : Bagus Jati Kusumo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *