BUDAYA  

Pemkot Kediri, inginkan cerita budaya panji Nusantara dapat mendorong potensi ekonomi baru

Kediri – Bagian dari upaya pelestarian budaya cerita panji, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah Ragah menggelar Seminar Cerita Panji Nusantara Minggu (14/07) Siang.

Tema yang diangkat dalam seminar ini, adalah ” Transformasi cerita panji dalam kreatifitas dan pengembangan melalui media digital.”
Budayawan, dosen sejarah, praktisi animasi Kediri didatangkan sebagai Nara sumber dalam kegiatan seminar panji Nusantara. Selain itu, turut dilibatkan sejumlah Nitizen, kalangan pelajar dan Mahasiswa.

” Karena kita ingin juga mengarah ke Industri digital, juga ada siswa dan Mahasiswa. Kita harap dari mereka muncul sebuah ide, tidak hanya pemahaman sejarahnya tetapi juga aktualisasi menjadi bentuk yang bisa melegenda. ” Terang Nur Muhyar Kepala Disbudparpora Kota Kediiri.

Ia berharap cerita Panji dapat diimplementasikan dalam berbagai wujud aktualisasi semisal produk film pendek, gambar dalam bentuk tenun ikat khas Kediri, produk kaos berlogo dan bordir ala Panji. Dalam hal ini peran dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah Ragah sudah mengiventarisir, mencover dan mendokumentasikan segala bentuk fisik mau pun cerita yang berkembang terkait Panji.

” Dari sisi pemerintah tentu ada tahap tahapnya, sudah ada tim perumus kebudayaan daerah. Kemudian akan mendokumentasikan hal hal yang memang sudah tercover baik itu bentuk artefak, arca dan sebaginya peninggalan itu. Begitu juga cerita cerita yang akan berkambang ini akan kita Inventarisir.” Jelasnya.

Disamping itu, Pemerintah Kota Kediri akan berupaya mendorong partisipasi masyarakat, khususnya pihak swasta untuk ikut berperan bersama sama mewujudkan pelestarian cerita budaya panji dalam bentuk kreatifitas dan pengembangan melalui media digital.

Sementara itu, terpisah Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan dirinya sangat mendukung apabila cerita budaya Panji dapat diwujudkan dalam bentuk kreatifitas menjadi sebuah benda. Semisal Kaos dan boneka.

” Itu kan bisa menjadi kenang kenangan bagi orang yang datang ke sini, atau pernah baca cerita panji terus dia pingin punya bentuknya panji itu seperti apa. Memang saya jelaskan jika Budaya itu versinya banyak, namun diskusi ini saya harap bisa menelurkan sesuatu dalam bentuk tidak sekedar diskusi tetapi menjadi potensi ekonomi baru bagi Panji. ” Harap Wali Kota Kediri.

Diakui oleh Wali Kota Kediri saat ini cerita Panji Nusantara memang mengandung banyak versi.

Reporter : Pendik S

Editor : ajie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *