Merajut Kebersamaan Warga Nahdlatul Ulama – srtv.co.id

banner 468x60

PCNU Halal Bihalal PCNU di Pendopo

Bacaan Lainnya
banner 300x250

srtv.co.id Nganjuk, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) menggelar kegiatan halal bi halal dengan menghadirkan berbagai elemen dan tokoh bangsa, Minggu (23/06) malam di halaman Pendopo Kab. Nganjuk, Hal sebagai upaya menyatukan dan mendorong persatuan seluruh lapisan masyarakat dan bangsa Indonesia secara umum.

Dalam acara yang dihadiri Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat bersama Pejabat Fokopimda Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo, Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta beserta Jajaran, Ketua Panitia Halal bil Halal Drs. KH. Bisri Hisyam mengatakan, NU sebagai jamaah dan jam’iyah terus mendorong persatuan bangsa serta kemajuan Khususnya di wilayah Kab. Nganjuk, di antaranya melalui halal bi halal.

Ia menegaskan, halal bi halal merupakan tradisi yang digagas oleh salah satu pendiri NU KH Wahab Chasbullah dari Jombang untuk menyatukan para elit politik, Elit pemerintahan dan para elit organisasi yang saat itu sedang berseteru.

“Tradisi kumpal-kumpul yang sering dilakukan oleh warga NU tersebut pada akhirnya diterapkan oleh seluruh elemen bangsa, dari mulai masyarakat, organisasi, dan instansi pemerintah,” ujar Drs. KH. Bisri Hisyam saat memberi sambutan.

Bagi NU, tradisi halal bi halal selalu penting dilakukan dan tidak hanya berlaku untuk warga Muslim tetapi juga dari kelompok agama lainnya. Hal ini merupakan pengembangan praktik halal bi halal mengingat Indonesia merupakan bangsa majemuk.

“Di sini hadir berbagai tokoh partai politik, pejabat, dan tokoh-tokoh Masyarakat. Dan kumpal-kumpulinilah yang sesungguhnya memupuk demokrasi menjadi sehat,” jelas Drs. KH. Bisri Hisyam.

Dia menegaskan, NU selalu berkomitmen menjaga warisan – warisan budaya luhur yang telah dilakukan oleh para pendahulu untuk menjaga keharmonisan dan perdamaian dalam hidup bersama-sama.

“Maka dari itu, selain tokoh partai politik, di sini juga hadir para pemuka agama-agama di Indonesia yang Insyaallah akan saling menghalalkan atau memberi maaf untuk bangsa Indonesia yang lebih kuat, lebih maju, dan lebih baik,” terangnya.

Dalam kegiatan yang dipadati oleh warga NU tersebut, hadir oleh para Tokoh dan Kyai pimpinan Ponpes yang berada di wilayah Kabupaten Nganjuk beserta segenap pengurus PBNU, dan Pagar Nusa yang berada di wilayah Nganjuk.

Reporter : Agung D.C

Editor : Bagus Jatikusumo

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *