Gropyokan Tikus Tanggulangi Hama Tikus Serang Petanai – srtv.co.id

banner 468x60

Gropyokan Tikus Petani

Bacaan Lainnya
banner 300x250

srtv.co.id Jombang, geram dengan serangan hama Tikus yang meraja lela, warga di kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar gropyokan tikus, Jum’at pagi. Dengan menggunakan tabung gas Elpiji dan belerang, mereka membakar hidup tikus-tikus yang bersembunyi di dalam lobangnya.

Dengan bersenjatakan gas Elpiji dan belerang, warga di Desa Ngogri Kecamatan Megaluh kabupaten Jombang, Jawa Timur, menyisir areal persawahannya, Jum’at pagi.

Mereka memburu tikus – tikus yang bersembunyi di dalam sarangnya. Begitu menemukan Sarang tikus, warga langsung meletakkan belerang dan dibakar dengan menggunakan Gas Elpiji.

Cara membasmi Tikus seperti ini menurut warga sangat efektif karena tikus akan langsung mati di dalam lobangnya akibat asap suhu panas api. Tikus yang kabur akan langsung ditangkap dan dipukuli beramai – ramai.

Menurut Sinah seorang korwil Petugas Penyuluh Lapangan kecamatan Megaluh menjelaskan “sebelumnya serangan hama tikus di kecamatan Megaluh hanya terjadi di tiga desa, namun lama – kelamaan serangannya meluas dan saat ini sudah menyeluruh ke seluruh kecamatan Megaluh”. Jelasnya.

Akibat serangan hama tikus tersebut beberapa kali warga harus menanam ulang tanaman padinya yang rusak dan mati. Dengan gropyokan tikus seperti ini wafrga berharap serangan hama tikus tidak terus berlanjut dan padinya bisa tumbuh maksimal.

Reporter : Rony Suhartomo.

Editor : Bagus Jatikusumo.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.