Tingkatkan Swasembada Pangan Babinsa dampingi Petanai – srtv.co.id

banner 468x60

Babinsa dampingi Petani

Bacaan Lainnya
banner 300x250

srtv.co.id Nganjuk, Melaksanakan Pendampingan serta pengawasan terhadap para Petani merupakan wujud agar Swasembada Pangan dapat tercapai sesuai anjuran Pimpinan Yang di laksanakan babinsa desa Gondang wetan kec. Jatikalen, momen seusai lebaran tidak menyurutkan semangat serma choirus selaku babinsa gondang wetan selalu bersua dengan para petani demi memberikan motivasi serta semangat.

Swasembada pangan menjadi program pembangunan pertanian yang strategis karena memiliki dampak luas. Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup, mutu bahan pangan yang baik, serta nilai gizi yang tinggi memiliki dampak luas pada perekonomian dan mutu sumber daya manusia. Beras sebagai bahan pangan utama menjadi target utama pemerintahan untuk dapat mencapai swasembada. rabu (12/06/2019).

Desa Gondang Wetan Kec Jatikalen sering dikesankan sebagai daerah yang pertaniannya mulai surut karena perkembangan pemukiman, industri dan bangunan lain. Seringkali orang menganggap desa Gondang wetan mendatangkan bahan pangan dari daerah lainnya. Pandangan itu ternyata tidak benar sama sekali.

Pertanian di desa Gondang wetan kecamatan Jatikalen, bukan hanya masih eksis, bahkan terlihat masih tangguh. Hal ini dibuktikan dengan hamparan sawah Hamparan sawah menghijau Sebenarnya bukan hanya padi sawah, namun juga tanaman padi dan kedelai. Menurut Ketua Poktan Bapak Hariyadi, petani menanam padi varietas IR64, Ciherang, dan yang paling baru Inpari 32.

Inpari 32 memiliki produktivitas paling tinggi di desa ini yaitu 6-7 ton. Hasil ini masih dapat ditingkatkan bila petani dapat menerapkan teknologi baru seperti Jajar Legowo Super. Inilah tugas penyuluh. Penyegaran penyuluh dengan teknologi baru sangat diperlukan.

Beberapa waktu Yang lalu menerima bantuan benih padi inpari 30 dari Balitbangtan Kementan. Penting sekali penyebaran beberapa varietas unggul baru (VUB) di beberapa daerah agar produktivitas padi dapat ditingkatkan.

Tentu saja, penggunaan VUB diikuti dengan penerapan teknologi budidaya terbaik seperti Jajar legowo Super akan sangat membantu peningkatan produktivitas lebih tinggi lagi.

Beberapa daerah lain juga masih menyenangi berbagai varietas unggul lokal seperrti pandan wangi dan umbul. Dalam rangka peningkatan pendapatan petani, selain teknologi budidaya juga perlu diterapkan teknologi pasca panen.

Tentu saja semuanya tidak berarti bila harga gabah tidak kondusif. Karena itu, petani tidak menginginkan adanya impor pada saat-saat ini karena kenyataannya stok terus terisi.

Reporter : Asep Bahar

Editor : Bagus Jatikusumo

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.