Jelang Ramadan Gubernur Jawa Timur Lakukan Oprasi Pasar

banner 468x60

Jelang Ramadan Gubernur Jawa Timur Oprasi Pasar

srtv.co.id, Kota Kediri Jelang Ramadan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau harga bahan pokok di pasar tradisional Kota Kediri.

Bertemu pedagang dan pembeli, Khofifah disambut keluhan soal harga bawang putih yang melambung tinggi.

Tidak hanya mahal, bawang putih juga mulai sulit dicari alias langka. “Ini yang membuat kita melakukan operasi pasar di tiga titik di Kediri khusus bawang putih,” kata Gubernur Khofifah saat meninjau Pasar Pahing Kota Kediri Jumat (3/5/2019).

Di pasar tradisional, harga bawang putih jenis cutting mencapai Rp55.000 per kilogram. Untuk menekan harga, dalam operasi pasarnya Tim TPID Pemprov Jatim menjual Rp24.000 per kilogram.

Operasi pasar digelar di tiga titik, yakni Bundaran Sekartaji, Taman Makam Pahlawan Kediri, dan Lapangan Gajah Mada.

Dari pengakuan pedagang pada Khofifah dan Abu di Pasar Pahing, yang mulai merangkak naik adalah telur ayam. Saat ini harga telur ayam di Pasar Pahing adalah Rp 26 ribu per kilogram. Padahal normalnya sekitar Rp 21 ribu per kilogramnya.

Sedangkan untuk bawang merah juga sekarang masih belum normal dengan harga Rp 30 ribu per kilogramnya. Harga bawang merah ini relatif turun setelah sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram. Padahal normalnya hanya Rp 12 ribu perkilogramnya.

“Bawang putih yang masih belum turun. Sekarang disini masih Rp 55 ribu per kilogramnya untuk bawang putih cutting. Nyarinya susah,” kata Sriyani, pedagang di Pasar Pahing.

Meski harganya naik, dikatakan Sriyani, permintaan pembeli tidak turun. Pembeli, dikatakan Sriyani, membeli seadanya untuk bawang putih yang ada di Pasar Pahing.

Lebih lanjut, setelah keliling pasar, Khofifah menegaskan, Pasar Pahing ini merupakan salah satu pasar yang menjadi indikator penilaian BPS untuk harga bahan pokok.
Lantaran bawang putih

hingga kini masih belum turun, hari ini ada sebanyak tiga titik operasi pasar yang digelar oleh TPID Provinsi Jawa Timur di Kediri. Yaitu di bundaran Sekartaji, Kediri Memorial Park, dan lapangan Gajah Mada. Tujuannya untuk menggelontor bawang putih untuk menurunkan harga di pasar.

Reporter : P. Setiawan

Editor : Bagus Jatikusumo

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.