Berita  

Antisipasi Lonjakan Penumpang Nataru 2025 di Stasiun Kertosono, KAI Operasikan Enam Perjalanan KA Tambahan

Nganjuk, SRTV.CO.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menyiagakan langkah strategis guna menghadapi lonjakan penumpang pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025.

Salah satu fokus utama dalam kesiapan tahun ini adalah pengoperasian perjalanan kereta api tambahan di wilayah Stasiun Kertosono.

Kepala Stasiun Kertosono, Nurkolis, mengungkapkan bahwa penambahan frekuensi perjalanan ini bertujuan untuk memastikan seluruh calon penumpang dapat terakomodasi dengan baik selama periode libur panjang.

“Untuk persiapan masa angkutan Natal dan Tahun Baru, kami menyiapkan enam kereta api tambahan. Enam perjalanan tambahan tersebut melayani rute Malang–Gambir, Blitar–Pasar Senen, serta Surabaya–Bandung, masing-masing pulang pergi sehingga total terdapat enam perjalanan tambahan,” ujarnya, Selasa (23/12/2025).

Seluruh armada tambahan tersebut telah mulai beroperasi sejak 18 Desember 2024 dan dijadwalkan akan terus melayani penumpang hingga awal tahun depan.

Langkah ini diambil sejalan dengan penetapan periode masa angkutan yang dilakukan oleh manajemen KAI.

“Masa angkutan Natal dan Tahun Baru ini dimulai tanggal 18 Desember sampai 4 Januari,” jelasnya lebih lanjut.

Selain fokus pada kapasitas angkut, Stasiun Kertosono juga memperketat aspek keamanan dan kenyamanan.

KAI telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan unsur keamanan daerah untuk menjaga kondusivitas di area stasiun melalui pos pengamanan terpadu.

Dari sisi fasilitas, Nurkolis memastikan bahwa Stasiun Kertosono telah lulus uji Ramp Check sesuai dengan standar pelayanan minimum (SPM).

Berbagai inovasi layanan turut dihadirkan, seperti, penyediaan air minum gratis yang rutin diuji oleh Dinas Kesehatan, monitor jadwal kedatangan dan keberangkatan yang tersebar di titik strategis dan ketersediaan pengering payung bagi penumpang yang tiba saat cuaca buruk.

“Sebelum masa angkutan Nataru, kami sudah melakukan pengecekan fasilitas pelayanan di stasiun sesuai standar pelayanan minimum,” ungkapnya.

Mengingat tingginya antusiasme masyarakat, pihak KAI mengimbau agar calon penumpang segera melakukan pemesanan tiket agar tidak kehabisan kuota, terutama untuk rute-rute favorit.

“Tiket bisa dipesan secara online melalui aplikasi Access by KAI hingga 45 hari sebelum keberangkatan. Kami mengimbau pelanggan merencanakan perjalanan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket,” pungkasnya.

Reporter : Inna Dewi Fatimah
Editor : Tim Redaksi SRTV

Exit mobile version