HUT Ke 76 TNI | Dandim Santuni Pelaku Sejarah Perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman Di Bumi Anjuk Ladang

  • Whatsapp

Nganjuk – Peringatan HUT ke 76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kodim 0810/Nganjuk mengisi dengan berbagai kegiatan kemanusiaan seperti berbagi Sembako dengan kaum yang tidak mampu dan orang orang yang telah berjasa bagi Tentara Nasional Indonesia, salah satunya yaitu Mbah Jirah (95) dimana beliau merupakan pelaku sejarah bagi perrjalanan sejarah TNI khususnya saat Panglima Besar Jenderal Sudirman melaksanakan perang gerilya menghadapi pendudukan Belanda di wilayah Desa Bajulan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

Di Kota angin ini ternyata Jenderal besar bangsa Indonesia Sudirman pernah menyusun strategi perjuangan gerilya terhadap Belanda. Meski dalam kondisi sakit, namun beliau tetap berjuang. Tempat Panglima Sudirman menyusun strategi ini dulunya berupa rumah kayu kecil dan sering disebut pesanggrahan”.

“Saya saat itu masih gadis, dan tahu sendiri perjuangan pak Dirman ini. Pas itu beliau sakit parah, tapi tetap melakukan rapat nyusun cara agar bisa melawan sekutu. Pernah waktu itu hujan deras, sini sudah dikepung pasukan Belanda, tapi hujan derasnya jadi tambah hujan angin, akhirnya pasukan Belanda itu berhasil dipukul mundur,” ujar Mbah Jirah dengan dialek Jawa yang kental.

Jendral Sudirman berada di pesanggrahan selama 9 hari untuk menyusun strategi perang melawan sekutu. Di tempat ini terdapat beberapa lokasi yang sampai saat ini masih bisa kita lihat seperti, tumpukan batu besar yang digunakan Sudirman untuk melakukan diskusi, sebuah air mancur dari bambu tempat Sudirman berwudhu masih bisa kita jumpai di pesanggrahan ini.

Dalam rangka berbagi kebahagiaan dan sebagai wujud rasa syukur di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Komandan Kodim 0810/Nganjuk Letkol Inf Georgius Luky Ariesta, S.I.P., M.Si., menyantuni mbah Jirah yang tinggal di Dsn. Magersari Desa Bajulan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk, Senin (04/10/2021) Siang.

Dalam acara santunan tersebut, Dandim 0810/Nganjuk menyampaikan, “Sebagai wujud rasa syukur di Hari Ulang Tahun ke-76 TNI, kami menyisihkan sedikit rezeki untuk berbagi kepada Mbah Jirah sebagai pelaku langsung sejarah TNI”.

“Di hari ulang tahun TNI ini, dari Kodim 0810/Nganjuk mengharapkan do’a dari masyarakat untuk mendoakan kami dalam kegiatan sehari-hari agar mendapatkan keberkahan dan keselamatan,” harap Dandim.

Pada kegiatan santunan yang diberikan langsung oleh Dandim 0810/Nganjuk didampingi Ketua Persit KCK Cabang XXIII Dim 0810 Ny. Ria Luky Ariesta, Pasi Intel Kodim 0810/Nganjuk Kapten Inf Sondra Irawan, S.H., dan Pasi Pers Kodim 0810/Nganjuk Kapten Inf Suwanto.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *