Tangkal Radikalisme Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Tangkal Radikalisme Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

srtv.co.id Nganjuk- Ida Bagus Nugroho menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan di Desa Jogomerto Kecamatan Tanjunganom, pada Minggu (20/11/2022) sekira 12.30 WIB.

Acara dibuka berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Disusul sambutan dari Kepala Desa Jogomerto Wiwik Munasri.

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh hadir anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur ini sekaligus anggota DPRD Nganjuk Ida Bagus Nugroho anggota, Kapolsek, Danramil, Camat dan tamu undangan tokoh  masyarakat serta tokoh agama.

Ida Bagus menjelaskan seputar peran vital masyarakat, khususnya para generasi muda dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya adalah menangkal masuknya ideologi-ideologi asing yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

“Warga desa sebagai garda terdepan di tengah masyarakat harus memiliki semangat kebangsaan untuk menangkal segala paham-paham radikal di tengah-tengah masyarakat kita. Bangsa ini membutuhkan generasi muda yang tangguh untuk tetap teguh dalam mengawal Pancasila,” kata Ida.

Lanjut Ida Bagus, penyebaran informasi melalui media sosial sangat sulit untuk dibendung. Penyebaran konten-konten bersifat radikal dan intoleran dapat ditemukan di media sosial.

“Pemahaman wawasan kebangsaan haruslah ditanamkan sejak dini, baik melalui lingkungan kita sehari hari maupun lingkungan sekolah. Jangan beri peluang lembaga pendidikan yang melahirkan insan intelektual lantas dicekoki dengan paham radikal yang dapat merongrong kebhinekaan,” tambahnya.

Narasumber lain dalam acara itu, KRT Nurwadi Nurdin SH MH, menekankan, pemahaman dalam sosialisasi wawasan kebangsaan dengan tema Pemahaman dan Penguatan Ideologi Pancasila bagi generasi muda khususnya, terhadap ancaman paham-paham yang sekarang ini mulai muncul melalui medsos untuk memecah belah NKRI, melalui budaya yang bukan lahir dari negara kita.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri jajaran Struktural PAC, dan kader PDI Perjuangan ranting juga tokoh masyarakat Desa Jogomerto.

“Sinergitas struktural di segala tingkatan harus terus dilakukan dalam upaya

membumikan Pancasila Sinergitas yang sudah kita jaga dan jalani selama ini akan terus kita  bangun, guna dalam mewujudkan cita cita bangsa ini,” ucapnya.

Kepala Desa Jogomerto Wiiwik Munasri mengucapkan banyak terima kasih kepada semua tamu undangan dalam rangka sosialisasi kebasaan di Balai Desa Jogomerto.

 

Reporter: Red bon, Erlita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *