Kenang Perjuangan Pahlawan, Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tugu

srtv.co.id Pekalongan – Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Tugu Perjuangan oleh Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., yang mewakili Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, lakukan di kompleks Stadion Hoegeng Kota Pekalongan, pada Selasa (6/9/2022).

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., mengatakan kita ketahui bersama bahwa pembangunan Tugu Perjuangan ini dimaksudkan sebagai wujud apresiasi dan terima kasih kepada para pejuang, baik yang ada di Kota Pekalongan maupun di seluruh Indonesia.

“Dibangunnya Tugu Perjuangan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi generasi muda untuk mengenal sejarah kemerdekaan, sekaligus dapat dijadikan sarana wisata edukasi bagi masyarakat tentang sejarah perjuangan Kota Pekalongan sehingga jasa dan pengorbanan para pahlawan bangsa tidak terlupakan”, ujarnya.

Pangdam mengingatkan kepada seluruh pihak terkait, agar selama pelaksanaan pembangunan Tugu Perjuangan ini selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan kerja, serta tetap mematuhi protokol kesehatan karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Sementara itu, Walikota Pekalongan H.A. Afzan Arslan Djunaid. SE mengatakan ide dasar pembangunan tugu perjuangan ini adalah inisiasi dari Habib Luthfi selaku Wantimpres RI yang menyampaikan agar adanya sebuah prasasti berupa bangun monumental yang didedikasikan untuk para pejuang veteran yang telah berjasa bagi masyarakat Kota Pekalongan pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

“Pemerintah Kota Pekalongan mendukung penuh karena nantinya di tugu perjuangan ini masyarakat Kota Pekalongan khususnya para generasi muda bisa lebih memahami, mengenal dan mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia yang diperoleh dengan mengorbankan jiwa, raga dan harta pejuang kita”, ungkapnya.

Disamping itu, dengan dibangunnya tugu perjuangan tersebut, diharapkan dapat menjadi sarana wisata edukasi bagi masyarakat tentang sejarah perjuangan Kota Pekalongan, karena nantinya juga akan dilengkapi ornament diorama yang menggambarkan perjuangan para pahlawan.

Menurutnya, pembangunan tugu perjuangan ini sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus penghargaan kepada para pejuang.

“Harapannya, kita ikut memetik hikmah besar yakni penghayatan jiwa dan semangat pengabdian yang tulus, rasa cinta bangsa dan tanah air yang mendalam, kerelaan dan keikhlasan berkorban tanpa mengenal menyerah serta kepercayaan besar akan kekuatan dan karunia Allah SWT,” terangnya.

Tugu perjuangan yang akan dibangun tersebut berlokasi di komplek Stadion Hoegeng Keraton Pekalongan Barat Kota Pekalongan dengan luas 50 meter persegi dengan tinggi tugu 17 meter dan lebar 8 meter.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E, dengan didampingi Walikota Pekalongan beserta Forkopimda dan perwakilan Veteran Kota Pekalongan, melaksanakan peletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan tugu perjuangan dilanjutkan oleh Wali Kota Pekalongan, Forkompimda dan perwakilan veteran Kota Pekalongan.

 

Reporter: Erlita

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *