Sosialisasi Wawasan Kebangsaan oleh Ida Bagus Nugroho SH Guna Menangkal Radikalisme

srtv.co.id Nganjuk- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur praksi PDI Perjuangan, Ida Bagus Nugroho SH menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bersama Ranting dan Kader PDI Perjuangan, pada Sabtu (18/6/ 2022) di Desa Mojokendil, Kecamatan Ngronggot, Nganjuk.

Acara ini di hadiri oleh mas Bagus Nugroho SH, DPRD Jawa Timur berserta rombongan Tatit Heru Tjahjono A.md ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk dan abang Nurwadi Nurdin SH. MH. serta Kepala Desa Mojokendil.

Acara di buka Doa bersama, di susul menyayikan lagu Indonesia Raya di ikuti semua undangan yang hadir dalam rangka Wawasan Kebangsaan.

Ida Bagus menjelaskan seputar peran vital masyarakat khususnya para generasi muda dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Para Pemuda sebagai garda terdepan di tengah masyarakat harus memiliki semangat kebangsaan untuk menangkal segala paham-paham radikal di tengah-tengah masyarakat kita, bangsa ini membutuhkan generasi muda yang tangguh untuk tetap teguh dalam mengawal Pancasila,” ucap Ida.

Lanjut Ida Bagus, penyebaran informasi sangat sulit untuk dibendung, penyebaran konten-konten bersifat radikal dan intoleran dapat ditemukan di media sosial.

“Pemahaman wawasan kebangsaan haruslah ditanamkan sejak dini, baik melalui lingkungan kita sehari hari maupun lingkungan sekolah. Jangan beri peluang lembaga pendidikan yang melahirkan insan intelektual lantas dicekoki dengan paham radikal yang dapat merongrong kebhinekaan,” tambahnya.

Narasumber lain dalam acara itu, KRT Nurwadi Nurdin SH MH, menekankan, pemahaman dalam sosialisasi wawasan kebangsaan dengan tema kewaspadaan nasional dan bela negara ini sebagai wujud menjaga kedaulatan negara. Khususnya, terhadap ancaman paham-paham yang sekarang ini mulai muncul melalui medsos untuk memecah belah NKRI, melalui budaya yang bukan lahir dari negara kita.

“Kami berharap pada generasi muda yang menjadi penerus dan pewaris budaya yang ada di negari ini untuk menjaga dan memelihara kekayaan budaya negeri ini,” tutur Nurdin.

Tatit Heru Tjahjono mengatakan, sinergitas struktural di segala tingkatan harus terus dilakukan dalam upaya membumikan Pancasila.

“Sinergitas yang sudah kita jaga dan jalani selama ini akan terus kita  bangun, guna dalam mewujudkan cita-cita bangsa ini,” ungkap Tatit

 

Reporter : Red Bon, Erlita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *